Ukraina Rilis Foto Perdana MBT M1A1 SA Abrams di Garis Depan Pertempuran

Batch pertama Main Battle Tank (MBT) M1A1 Abrams dari Amerika Serikat telah tiba di Ukraina pada bulan September lalu. Departemen Pertahanan AS pada bulan Januari lalu memutuskan untuk mengirim hampir tiga lusin M1 Abrams untuk membantu Ukraina melawan invasi Rusia. Mendukung aksi Abrams di Ukraina, AS bahkan telah mengirim ransus (kendaraan khusus) pelibas ranjau, M1150 Assault Breacher Vehicle.

Baca juga: Jelang Aksi MBT M1A1 Abrams di Ukraina. AS Kirim Ransus Pelibas Ranjau, M1150 Assault Breacher Vehicle

Dan setelah melewati tahapan persiapan, kini untuk pertama kalinya militer Ukraina merilis foto perdana penampilan MBT M1A1 Abrams di wilayah garis depan pertempuran. Merujuk sumber defence-blog.com (27/11/2023), disebut MBT Abrams yang diterjunkan ke garis depan pertempuran adalah M1A1 varian Situational Awareness (SA), varian ini telah diproduksi sekitar 650 unit oleh Angkatan Darat AS.

Varian M1A1 SA menawarkan peningkatan kemampuan, termasuk pengintaian laser (laser rangefinder) yang ditingkatkan dan kamera pencitraan termal yang terintegrasi ke dalam sistem penglihatan utama penembak.

Penglihatannya yang stabil (stabilized sight) memungkinkan stabilisasi dua bidang, sementara pengintai secara akurat mengukur jarak sasaran dari 200 hingga 7990 meter dan dapat menerima solusi balistik hingga 3990 meter.

Selain itu, stabilized remotely controlled weapon station melengkapi komandan tank untuk menembakkan senapan mesin berat secara presisi, bahkan saat tank sedang bergerak. Tank ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol dan pemantauan digital yang dikenal sebagai Blue Force Tracking, yang memfasilitasi pengenalan ‘teman-atau-lawan’.

M1A1 Abrams untuk Ukraina telah tiba dengan kereta api di Grafenwoehr, Jerman, 14 Mei 2023. (Christian Carrillo/A.S. Army)

Komitmen sebelumnya dari Amerika Serikat untuk memasok tank Abrams juga didukung oleh janji negara-negara Eropa untuk menyediakan MBT Leopard 2. Persetujuan Berlin bergantung pada komitmen serupa dari Amerika Serikat, yang akhirnya disepakati. Inggris memimpin pengiriman MBT ke Ukraina, yakni dengan mengirimkan MBT Challenger 2 pada bulan Januari 2023 dan tiba di Ukraina pada musim semi ini.

Baca juga: Lebih Cepat dari Perkiraan, Batch Pertama MBT M1A1 Abrams Telah Tiba di Ukraina

Pada tanggal 25 September 2023, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengkonfirmasi kedatangan batch pertama 31 unit MBT Abrams. (Gilang Perdana)

6 Comments