Ukraina Luncurkan UGV “Ant” – Robot Kargo Roda Rantai Berbobot 350 Kg dengan Payload Satu Ton

Beberapa wahana tanpa awak yang beroperasi di daratan atau unmmaned ground vehicle (UGV) telah hadir dalam laga perang Ukraina. Namun belum lama ini ada jenis UGV unik yang dihadirkan para kreator dari Ukraina, yakni jenis robot pengangkut logistik roda rantai yang dapat membawa beban satu ton, meski berat wahananya sendiri hanya 350 kg.

Baca juga: Targetkan MBT Rusia, Ukraina Operasikan Ratel-S, UGV Kamikaze dengan Hulu Ledak Ranjau Anti Tank

Dilansir dari Armyrecognition.com, disebutkan sebuah sistem UGV yang diberi label “Ant (semut)” telah dikembangkan dan diuji di Ternopil Oblast, Ukraina. Selain payload besar yang dapat dibawanya, robot semut ini diklaim menggunakan 80 persen komponen yang diproduksi oleh Ukraina.

Ihor Chaikivskyi, yang menjabat sebagai Ketua Proyek “Sistem Robotisasi”, berbagi rincian tentang inovasi ini. Menurut Chaikivskyi, perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh ini memiliki jangkauan sampai 15 kilometer atau lebih. UGV baru mendapatkan namanya ‘semut’ karena kekuatannya yang luar biasa sebanding dengan bobotnya; Beratnya 350 kg namun dapat membawa 1 ton kargo yang mengesankan

Tujuan utama di balik pengembangan UGV ini adalah untuk membantu dalam mengevakuasi para prajurit dari medan perang dan mengirim persediaan (kargo) logistik esensial dengan transportasi yang aman. UGV ini beroperasi pada satu atau dua baterai dengan kapasitas mulai dari 6, 8, hingga 13,6 kW, memberikan kisaran yang cukup untuk melaju sekitar 30-40 km.

Ant juga dirancang untuk membawa payload berupa daya atau generator dan akan dilengkapi dengan komunikasi radio dan sistem pengawasan video.

Baca juga: Ladeni Perang Brutal di Parit, Pasukan Khusus Rusia Kerahkan Robot UGV Hedgehog

Fitur teknik yang penting adalah sisi gang (gangway sides), yang dikembangkan dan dirancang oleh insinyur Ukraina. Sisi -sisi ini dapat dengan mudah berubah menjadi landai, memfasilitasi pembongkaran atau pemuatan platform dari truk pickup.

Perkiraan biaya satu unit UGV Ant berada dalam kisaran 620.000-650.000 hryvnia atau setara US$16.000 – US$17.200. (Gilang Perdana)