Ukraina Luncurkan “Djura” 4×4 – Rantis Lapis Baja dari Sasis Toyota Land Cruiser 70

Dari sasis Toyota Land Cruiser 70 yang dikenal karena kesederhanaan dan keandalannya, NVO Practika, manufaktur kendaraan lapis baja Ukraina, meluncurkan kendaraan taktis (rantis) lapis baja ringan terbaru yang disebut “Djura.” Rantis 4×4 dirancang dirancang untuk misi taktis berisiko rendah dan digunakan oleh unit polisi dan pasukan khusus.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 4×4 DMS-K dengan Rudal Anti Tank 9M113 Konkurs – Lawan Serius Buat MBT

Dengan bobotnya yang relatif rendah dan ukurannya yang ringkas memungkinkan pengoperasian Djura yang mudah. Seperti dilansir Militarnyi, pengumuman hadirnya Djura dilakukan selama uji coba awal oleh pabrikan yang dihadiri oleh perwakilan dari Badan Keamanan Ukraina.

Para insinyur dari NVO Practika telah memodifikasi sasis Toyota Land Cruiser 70 asli, memperkuat suspensi dan meningkatkan sistem pengereman untuk mengakomodasi peningkatan bobot. Untuk proteksi, Djura dilengkapi kapsul lapis baja yang memberikan perlindungan setara dengan STANAG 4569 level 1 milik NATO, yang mampu menahan terjangan peluru kaliber 5,45 mm dan melindungi awak terhadap beberapa ledakan granat di bawah roda atau lantai kendaraan.

Selain versi pikap, calon pengguna Djura dapat memilih konfigurasi alternatif dengan kapsul dua kompartemen yang dapat mengangkut dua prajurit infanteri tambahan atau digunakan sebagai kendaraan evakuasi medis.

Dengan bobot 5 ton, Djura ditenagai mesin diesel berkekuatan 200 tenaga kuda dengan torsi 430 Nm. Pengembang menyoroti kekuatan dan keandalan mesin yang mengadopsi komponen elektronik minimal. Djura dilengkapi dengan transmisi otomatis, semi-otomatis, atau manual berdasarkan kebutuhan pelanggan.

Untuk persenjataan, Djura dilengkapi dengan turret terbuka untuk senapan mesin 7,62 mm, yang dilengkapi dengan perisai lapis baja kecil. Pilihan desain ini, dibandingkan dengan turret yang tertutup sepenuhnya pada kendaraan yang lebih besar, dimaksudkan untuk mempertahankan pusat gravitasi yang rendah, mengurangi risiko terguling saat tikungan tajam.

Toyota Land Cruiser 70
Land Cruiser 70 dikenal karena keandalan dan ketahanannya dalam berbagai kondisi ekstrem. Ini penting untuk operasi militer yang sering kali berada di medan yang keras dan tidak dapat diprediksi. Mesin dan komponen lainnya dirancang untuk bertahan lama, yang mengurangi kebutuhan perawatan dan perbaikan yang sering.

Dengan sistem penggerak empat roda (4WD) yang tangguh membantu kendaraan ini mempertahankan traksi dan stabilitas di medan yang berat. Land Cruiser 70 memiliki desain mekanik yang relatif sederhana, yang membuatnya lebih mudah untuk diperbaiki dan dirawat, bahkan di lapangan dengan sumber daya terbatas.

Suku cadang untuk Land Cruiser 70 umumnya mudah didapatkan di banyak bagian dunia, yang sangat penting untuk pemeliharaan dan perbaikan yang cepat. Sasis yang kuat dan fleksibel memungkinkan berbagai modifikasi untuk keperluan militer, seperti pemasangan senjata, perlindungan tambahan, dan sistem komunikasi. Kendaraan ini dapat dikonfigurasi dalam berbagai bentuk, termasuk sebagai kendaraan angkut pasukan, ambulans lapangan, atau kendaraan komando.

Toyota Land Cruiser 70 series tersedia dengan berbagai jenis mesin, yang semuanya dirancang untuk kinerja yang andal dan tahan lama dalam kondisi ekstrem. Ada tiga pilihan mesin yang dapat dipasang pada Land Cruiser 70, yakni diesel 4.2L 1HZ, diesel 4.5L V8 1VD-FTV dan bensin 4.0L V6 1GR-FE. (Gilang Perdana)

Modif Sadis! Toyota Land Cruiser ini Dipasangi Kubah Kanon Ranpur BTR-80