Type 22 – Kapal Cepat Rudal Katamaran dengan Desain Nyaris Stealth

Rupanya konsep hit and run bukan hanya diadopsi oleh Satuan Kapal Cepat TNI AL, meski punya armada laut yang cukup kuat, Cina faktanya tidak melupakan kehadiran KCR (Kapal Cepat Rudal). Berukuran kecil dengan bobot ringan, Angkatan Laut Cina sejak tahun 2004 telah mengoperasikan jenis KCR yang diberi label Type 22 Class.

Baca juga: Netizen Ramai Komentari Poster KCR PT PAL, Hit and Run atau Hit and Die?

Dibangun oleh Hudong-Zhonghua Shipbuilding di Shanghai, Type 22 punya tampilan yang futuristik, dimana Type 22 mencomot model lambung katamaran dan konstruksi desain ala stealth poligonal.

Tapi perlu dicatat, meski desain konstruksinya mengacu ala stealth, namun kadar stealth pada kapal cepat ini diragukan, pasalnya beberapa bagian dari sudut kapal memiiki “kekacauan” reflektif, seperti bentuk lampu sorot, antena radar dan peluncur rudal.

Ditambah lagi material pada lambung kapal ini masih menggunakan bahan alumunium, sementara desain kapal stealth, seperti KCR KRI Klewang 625 sudah menggunakan bahan komposit yang relatif sulit dideteksi radar lawan.

Type 22 dirancang untuk berpatroli di wilayah pesisir. Jumlah Type 22 yang telah dibuat lumayan banyak, yaitu 82 unit dan sudah disebar penggunaannya di ketiga armada Angkatan Laut Cina. Beberapa sumber menyebut, KCR Type 22 sudah dilengkapi sistem datalink canggih untuk command and control dan dapat terkoneksi dengan jaringan data pada pesawat intai dan airborne early warning and control (AEW&C).

Dari aspek persenjataan, Type 22 mengusung delapan rudal anti kapal C-802 dan pada bagian haluan terdapat kanon reaksi cepat Norinco NG-18 (copy-an AK-630). Besar kemungkinan, Type 22 telah di-upgrade dengan pemasangan pelucur rudal hanud MANPADS QW class. Bicara dapur pacu, Type 22 disokong 2 unit mesin diesel yang masing-masing menghasilkan tenaga @6,865 hp (5,119 kW) dengan 4 waterjet propulsors. Dari tenaga tersebut, KCR katamaran ini sanggup ngebut sampai 36 knots (67 km per jam).

Diawaki oleh 12 personel, KCR Type 22 punya panjang 42,6 meter dan lebar 12,2 meter. Bobot standar kapal 220 ton dan bobot penuh mencapai 224 ton. Salah satu yang membuat kapal cepat rudal ini terlihat sangar adalah penggunaan disruptive camouflage dengan cryptic coloration.

Baca juga: Unit Kedua Korvet Stealth Katamaran Tuo Chiang Class Meluncur, Spesifikasinya Bikin Iri

Seolah ingin menandingi Cina, Taiwan juga ikutan memproduksi kapal perang (korvet) dengan desain stealth katamaran, yakni Tuo Chiang Class. Meski sama-sama katamaran dan bernuansa stealth, namun, Type 22 tak sebanding dengan Tuo Chiang Class, di mana korvet Taiwan ini selain ukurannya lebih besar, persenjatannya juga lebih lengkap, sebut saja ada 8 peluncur rudal anti kapal Hsiung Feng II, 8 rudal anti kapal/permukaan supersonic Hsiung Feng III, meriam OTO Melara 76 mm pada haluan, kanon reaksi cepat CIWS Phalanx dan dua dudukan untuk senapan mesin berat M2HB kaliber 12,7 mm. (Gilang Perdana)

19 Comments