Toyota Land Cruiser 4×4 DMS-K dengan Rudal Anti Tank 9M113 Konkurs – Lawan Serius Buat MBT

(Armyrecognition)

Nama Toyota Land Cruiser punya pamor tersendiri dalam jagad militer global, pasalnya platform kendaraan off-road produksi Jepang ini kerap diadaptasi untuk misi-misi khusus, termasuk dipasangi beragam persenjataan. Seperti pada ajang EDEX (Egypt Defence Expo) 2023 di Kairo (4 – 7 Desember 2023). Ditampilkan Toyota Land Cruiser 79 Single Cub yang punya kemampuan menghancurkan Main Battle Tank (MBT).

Baca juga: Modif Sadis! Toyota Land Cruiser ini Dipasangi Kubah Kanon Ranpur BTR-80

Dikutip Armyrecognition.com, Organization for Industrialization (AOI), perusahaan milik pemerintah Mesir, memperkenalkan rudal anti tank 9M113 Konkurs yang dipasang pada platform Toyota Land Cruiser 79 Single Cub, yang diberi label sebagai DMS-K. Dirancang untuk pasukan khusus, DMS-K dapat membawa sampai delapan rudal Konkurs.

Sistem DMS-K memiliki dua rudal Konkurs yang siap digunakan dan memungkinkan peluncuran rudal dua kali berturut-turut sebelum memuat ulang. Dengan desain kendaraan dan tempat penyimpanan rudal yang ergonomis, maka proses reload rudal dapat dilakukan dengan relatif cepat dan mudah.

DMS-K memiliki batas pergerakan horizontal 270° dan rentang pergerakan vertikal -5° hingga 10°. Rudal Konkurs mencapai kesiapan peluncuran dalam 3 detik setelah pemeriksaan mandiri otomatis, dengan waktu persiapan 2 detik untuk peluncuran rudal kedua. Sistem rudal ini neroperasi pada 12 volt/10 ampere, peluncur DMS-K berbobot 250 kg dan dilengkapi kemampuan zoom 10x dengan resolusi HDMI.

Konkurs 9K113 (kode NATO AT-5 Spandrel) dirancang sebagai sistem rudal yang terintegrasi ke dalam DMS-K. Dikembangkan oleh Perusahaan Pertahanan Rusia KBP, rudal anti tank yang mengdopsi semi-automatic command to line of sight (SACLOS) dengan kendali kabel (wire-guided anti-tank missile).

Rudal ini diperkenalkan kepada militer Soviet pada tahun 1977 dan dirancang untuk menyerang sasaran lapis baja yang bergerak dan tidak bergerak, termasuk sasaran yang bergerak dan tidak bergerak yang dilengkapi dengan proteksi explosive reactive armor (ERA).

Rudal 9M113 Konkurs, dilengkapi hulu ledak High Explosive Anti-Tank (HEAT) 9N131, menawarkan kemampuan penetrasi 750 hingga 800mm RHA (Rolled Homogeneous Armor). Sistem Konkurs dapat diadaptasi untuk digunakan pada kendaraan lapis baja beroda atau beroda, seperti yang ditunjukkan dengan kemunculannya pada berbagai kendaraan dalam beberapa konflik.

Alakran – Mortir Mekatronik Unik di Jip Toyota Land Cruiser 4×4

Beroperasi melalui sistem kontrol semi-otomatis, dengan transmisi perintah melalui kabel, rudal ini menawarkan jangkauan maksimum 4.000 meter dan jangkauan minimum 100 meter. Varian Konkurs-M mencakup hulu ledak tandem dengan probe hidung diperpanjang yang dirancang untuk menetralisir lapisan baja reaktif yang mudah meledak sebelum mengaktifkan hulu ledak utama.

Unit peluncur terkait, 9P135, adalah peluncur tripod yang dapat dipasang pada kendaraan, seperti yang ditunjukkan oleh sistem DMS-K. Aksesori tambahan, seperti thermal imager 1PN65, dapat diintegrasikan untuk penembakan pada jarak hingga 2.500 meter. (Gilang Perdana)

One Comment