Terma SCANTER 4603 – Radar Intai Udara dan Permukaan untuk KCR-60M (Sampari Class)

Melanjutkan kabar tentang akuisisi Terma C-Series Combat Suite untuk empat unit KCR-60M (Sampari Class) yang mencakup elemen C-Flex combat management system (CMS), SCANTER 4603 X-band radar, C-Guard decoy launching system, dan C-Fire electro-optical fire control system. Maka dari elemen paling atas dalam sistem tersebut adalah keberadaan radar SCANTER 4603.

Baca juga: Terma Pasok C-Series Combat Suite untuk Empat Unit KCR-60M (Sampari Class)

Radar ini digadang untuk diadopsi pada kapal patroli lepas pantai, kapal patrol cepat, korvet dan landing platform dock. Dari fungsinya, Terma SCANTER 4603 berperan sebagai radar pengintai untuk sasaran di permukaan dan udara.

Pihak Terma menyebut SCANTER 4603 dapat mengidentifikasi sasaran berukuran sangat kecil di udara dan permukaan laut, dimana hasil citra radar dapat diwujudkan dalam gambar beresolusi tinggi untuk menyuguhkan kesadaran situasional di kondisi malam hari dan beragam kondisi cuaca. Dengan high spatial resolution, SCANTER 4603 oleh sang pabrikan dianggap ideal untuk patroli, pengintaian terbatas dan misi SAR.

Beberapa sasaran dapat di tracking secara simultan dengan teknologi track-while-scan. Secara teori jangkauan radar SCANTER 4603 dalam sudut horizontal mencapai 96 nautical mile, atau setara 177 kilometer.  SCANTER 4603 mengadopsi advanced digital  signal  processing yang dikombinasikan dengan antena high gain dan narrow beam yang mampu mengasilkan resolusi spasial yang tidak tertandingi.

Radar buatan Denmark ini sudah dilengkapi dengan IFF (identification friend or foe) interrogators yang didukung 3D primary surveillance sensor. SCANTER 4603 dilengkapi fitur yang disebut Multi-Hypothesis Tracking (MHT), yang memungkinkan pelacakan pada sasaran dengan kontinuitas tinggi pada kondisi iklim yang kurang bersabat, seperti hujan deras dan gelombang tinggi. Terma menyebut seluruh produk radar yang dirilisnya telah dilengkapi kemampuan anti jamming – ECCM  (Electronic  Counter-CounterMeasure). (Bayu Pamungkas)

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *