Tembakan Ratusan Munisi, Self Tracked Propelled Howitzer AS9 Huntsman Kini Diuji di Australia

Setelah menggelar uji penembakan di Korea Selatan, kini Angkatan Darat Australia melakukan uji penembakan AS9 Huntsman (varian dari K9 Thunder Self Tracked Propelled Howitzer) di daratan Australia. Uji tembak yang mengambil lokasi di Proof and Experimental Building di Port Wakefield, Australia Selatan, dilakukan dengan menggunakan ratusan munisi kaliber 155 mm.

Baca juga: Angkatan Darat Australia Uji Tembak Self Tracked Propelled Howitzer AS9 Huntsman

Dilansir dari Janes.com (5/12/2023), Departemen Pertahanan Australia menyebut pengujian ini diawasi oleh Joint Proof and Experimental Unit (JPEU) dengan tujuan menampilkan performa AS9 Huntsman kepada pemangku kepentingan program, terutama guna memverifikasi beragam jenis amunisi dan propelan yang digunakan AS9 Huntsman.

Nicholas Windridge, petugas penembak utama dari JPEU, mengatakan sebagai perbandingan, bila howitzer tarik M777 memiliki jangkauan maksimum 18 hingga 22 km, maka AS9 berpotensi mencapai sasaran hingga jarak 60 km.

Departemen Pertahanan Australia menandatangani kontrak senilai AUD1 miliar (USD665 juta) dengan Hanwha Defense Australia (HDA) pada tahun 2021 untuk memasok 30 unit SPH AS9 155 mm dan 15 kendaraan pemasok amunisi lapis baja – Armored Amunition Resupply Vehicle (AARV) AS10 di bawah program Land 8116 Phase 3. Kedua platform ini secara kolektif dikenal sebagai kendaraan keluarga ‘Huntsman’. “Pengiriman akan dimulai pada tahun 2025,” kata Departemen Pertahanan.

Letnan Kolonel Hugh Smith, manajer program Land 8116 Phase 3, mengatakan pengujian awal akan selesai pada akhir tahun, dengan uji coba jangkauan dan akurasi dijadwalkan pada tahun 2024 di Yuma Proving Ground di Arizona.

Uji coba lebih lanjut akan dilakukan untuk mengumpulkan data balistik dalam mengoperasikan AS9 menggunakan Advanced Field Artillery Tactical Data Systems. Demonstrasi lain akan berfokus pada perlindungan AS9 dari tembakan senjata ringan dan pecahan proyektil.

Sementara itu, uji coba AS9 paralel dari Israel menunjukkan bahwa AS9 juga dapat menahan ranjau darat melalui simulasi ledakan muatan. Hasil dari tes akan digunakan untuk memastikan perlindungan dan kelangsungan hidup personel yang diperlukan.

Hanwha Defense Australia Raih Kontrak US$1 Miliar, Pasok 30 Unit AS9 Huntsman SPH dan 15 Unit AS10 AARV

AS9 adalah bagian dari inisiatif Protected Mobile Fires (Program LAND 8116 Phase 3) Australia, yang mencari sistem tembakan bergerak baru yang dilindungi dengan menggabungkan amunisi 155 milimeter buatan lokal dengan meriam yang dibeli dari negara mitra. (Bayu Pamungkas)