Tabrakan Saat Air Refueling, F-35B Jatuh dan KJ-130B Mendarat Darurat

Sebuah jet tempur stealth F-35B Lightning II dan pesawat tanker KC-130J milik Korps Marinir AS (USMC), dilaporkan mengalami musibah tabrakan di udara pada 29 September 2020, pukul 4 sore waktu setempat, dimana kedua pesawat saat itu sedang melakukan latihan pengisian bahan bakar di udara (air to air refueling) di wilayah California Selatan.

Baca juga: Ikuti Jepang, Korea Selatan Persiapkan Kapal Induk untuk Tampung Jet Tempur F-35B

Mengutip sumber dari news.usni.org (29/9/2020), sejauh ini belum diketahui sebab musabab terjadinya insiden tersebut, namun yang jelas akibat kejadian itu, F-35B jatuh dan total lost di sekitar Naval Air Facility El Centro, California. Untungnya, pilot F-35B dikabarkan dapat menyelamatkan diri dengan kursi pelontar.

Sementara pesawat tanker KC-130J, dilaporkan terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Regional Jacqueline Cochran di Therma, California, kesemua awak KC-130J diwartakan selamat tanpa cidera.

F-35B adalah jet tempur stealth yang punya kemampuan Short-Take-off dan Landing (STOVL). Sebelum ini, F-35B juga pernah jatuh di California. F-35B tersebut hancur dan terbakar dalam sesi latihan pada 28 September 2018.

Baca juga: Miskin Ruang Udara, Singapura Minta Lokasi Pelatihan F-35B ke Amerika Serikat

Antara F-35B dan KC-130J melakukan air refueling menggunakan teknik hose, yakni pengisian bahan bakar di udara menggunakan pipa lentur yang ujungnya dilengkapi drogue, seperti parasut kecil yang diulurkan dari pesawat tanker. Dalam pola ini, pesawat penerima yang harus aktif mencari ‘puting susu’ dari tanker tersebut. (Gilang Perdana)

23 Comments