Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Susuri Sungai Kapuas, Presiden Jokowi Gunakan KAL Lemukutan

Kamis, 5 September kemarin, Presiden Joko Widodo berserta rombongan melakukan peninjauan penataan kawasan sepanjang Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat. Ada yang menarik dalam kunjungan kerja tersebut, lantaran Orang Nomer Satu di Republik ini menggunakan wahana kapal patroli saat menyusuri Sungai Kapuas. Dengan desain struktur kapal yang aerodinamis, tahukah Anda jenis kapal patroli yang ditumpangi Presiden Jokowi?

Baca juga: Perkuat Lantamal, TNI AL Luncurkan Tiga Unit KAL 28M Propeller

Melihat dari nomer pada lambungnya (I-12-15), jelas kapal yang dimaksud adalah KAL (Kapal Angkatan Laut) Lemukutan, salah satu kapal patroli di Lantamal (Pangkalan Utama Angkatan Laut) XII Pontianak. Kapal patroli produksi PT Tesco Indomaritim ini dikomandani oleh perwira berpangkat Kapten dan diawaki oleh 15 anak buah kapal.

Seperti terlihat dalam foto, saat membawa Presiden Jokowi, KAL Lemukutan nampak tidak dipersenjatai pada haluannya, namun telah tersedia dudukan untuk pemasangan senjata di kelas SMB (Semapan Mesin Berat) jenis DsHK-38 atau M2HB kaliber 12,7 mm, atau dapat dipasangi kanon laras tunggal model Oerlikon 70/MK4 kaliber 20 mm. Tidak menutup kemungkinan kelak dipasang kanon model RCWS (Remote Control Weapon System). Soal RCWS nampaknya sudah dipersiapkan, ini terlihat dari model desain grafis kapal ini yang dirilis pihak galangan memperlihatkan jenis kanon RCWS.

Foto-foto: Adita Wiharto

KAL Lemukutan I-12-15 persisnya masuk sebagai kelas KAL 28M Propeller. Berdasarkan spesifikasi, kapal patroli ini punya panjang 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan maksimum 28 knots, dan mampu berlayar sejauh 648 nuatical mile (1.200 km).

Baca juga: Yugoimport Naval AD M71/08 – Kanon Kaliber 20mm Terbaru di Kapal Perang TNI AL

Jarak tempuh 1.200 km dapat dicapai bila kapal dipacu dengan kecepatan jelajah 18 knot. Dengan dua propeller, kapal ini disokong mesin 2×1800 BHP. Dalam sekali berlayar, KAL 28M dapat membawa 16 ribu liter bahan bakar dan 4 ribu liter air tawar. KAL 28M Propeller punya bobot penuh 70 ton dan mampu berlayar terus-menerus selama 36 jam. KAL Lemukutan masuk kedinasan pada September 2016. (Haryo Adjie)

16 Comments