Sistem Komunikasi S-111 di Jet Tempur Sukhoi Su-57 Akan Di-Upgrade

Sukhoi Su-57

Sebagai ujung tombak kekuatan tempur stealth Rusia, sudah barang tentu Kremlin berkepentingan untuk terus meningkatkan kemampuan dari pesawat tempur Sukhoi Su-57 Felon. Dan dari ajang MAKS 2021, ada kabar bahwa Su-57 akan mendapatkan peningkatan kemampuan, yaitu di elemen perangkat radio komunikasi.

Baca juga: Dianggap Hanya Rumor, Rusia Kembangkan Sukhoi Su-57 Felon Tanpa Awak

Dikutip dari airrecognition.com (24/7/2021), disebutkan Ruselectronics Group yang tergabung dalam Rostec, telah mengumumkan dimulainya program upgrade pada sistem komunikasi jet tempur generasi kelima Su-57 Felon. Dimana Specialists of the Polyot Research and Production Association (di bawah Ruselectronics Group) yang akan melakukan pengerjaan upgrade pada armada Su-57 yang diketahui belasan unit telah dioperasikan Angkatan Udara Rusia.

Perangkat radio komunikasi yang akan ditingkatkan adalah S-111 system, dimana sistem tersebut akan dibuat menjadi lebih ringan dan lebih kompak.β€œSelama peningkatan, unit sistem S-111 akan menjadi lebih ringan dan lebih kecil, jangkauan akan diperluas, keamanan saluran komunikasi dan kecepatan pertukaran data antar pesawat dan pos komando akan ditingkatkan,” ujar juru bicara Ruselectronics.

S-111 system telah diadopsi pada program Su-57 sejak tahun 2017. Meski detail kemampuannya dirahasiakan, tapi sebagai gambaran perangkat S-111 sedari awal dirancang untuk menyediakan sistem komunikasi radio dan pertukarna data yang terenkripsi di antara berbagai pesawat dan juga pusat komando (di darat dan laut), yaitu dengan jangkauan efektif hingga 1.500 kilometer.

Menggambarkan fitur sistem, perwakilan tersebut mengatakan kepada Tass, β€œS-111 menyediakan komunikasi telepon radio dan pertukaran data terenkripsi di antara berbagai pesawat dan juga pusat komando (berbasis darat dan laut dan udara). Jangkauan operasi efektifnya mencapai 1.500 kilometer.

Selain diciptakan untuk segmen jet tempur, S-111 sustem bersifat modular dan dapat dilengkapi dengan pesawat lain buatan Rusia, termasuk dipasang di helikopter.

Sadar bahwa upaya jamming menjadi krusial dalam peperangan udara, Rusia juga telah melengkapai Su-57 Felon dengan perangkat jamming 101KS-0 DIRCM (Directed Infrared Counter Measures).

Baca juga: Tanpa Respon dari Sistem Hanud Patriot, Sukhoi Su-57 Melintasi Basis Militer AS di Irak Utara

Su-57 adalah satu-satunya jet tempur di dunia yang kdipasangi perangkat DIRCM. Apakah itu 101KS-0 DIRCM? Seperti terlihat pada foto di atas, Su-57 dilengkapi dua kubah mini DIRCM, satu unit terdapat di bagian bawah kokpit dan satu lagi area bekalang kaca kokpit. Kubah mini itu disebut laser emitting turret, dimana sistem akan bekerja bila terdapat upaya serangan dari rudal berpengendali infrared (rudal pencari panas). (Gilang Perdana)

17 Comments