Singapura Pamer Desain Fearless 60 Patrol Vessel – Head to Head dengan KCR 60M dari PT PAL Indonesia

Desain Kapal Cepat Rudal (KCR) 60M besutan PT PAL Indonesia sepertinya bakal mendapatkan penantang serius dari negara tetangga. Persisnya ST Engineering dari Singapura memperkenalkan desain Fearless 60 Patrol Vessel pada Pameran Pertahanan World Defense Show (WDS) 2024 di Riyadh, Arab Saudi. Muncul dengan penamaan yang ‘low profile’, Fearless 60 dalam desainnya justru lebih padat persenjataannya ketimbang KCR 60M.

Baca juga: AL Singapura Refurbish Kapal Patroli Fearless Class Menjadi Sentinel Class, Siap Ronda Selat Malaka

Fearless 60 Patrol Vessel oleh ST Engineering sebagai kapal patroli yang tidak mengedepankan pada askep keunggulan kecepatan kapal. Kapal patroli ini didukung oleh mesin diesel kembar berkecepatan tinggi dan dilengkapi dengan quad fixed pitch propellers, yang memungkinkan Fearless 60 untuk mencapai kecepatan maksimum 25 knots.

Kecepatan maksimum 25 knots artinya Fearless 60 berada di bawah KCR 60M, yang punya kecepatan maksimum 28 knots. Fearless 60 dapat berlayar sejauh 2.000 mi laut (3.704 km) pada kecepatan jelajah 16 knots, sementara endurance eperasional disiapkan sampai 14 hari, sehingga ideal untuk operasi jangka panjang di wilayah pesisir. Sebagai catatan, endurance KCR 60M dalam spesifikasi disebut 8 hari.

Sesuai dengan standar klasifikasi angkatan laut, Fearless 60 dilengkapi dengan lambung baja dan struktur atas yang dibangun dari marine-grade aluminum alloy, yang memberikan ketahanan dan keandalan dalam kondisi operasional hingga Sea State 5 (ketinggian gelombang 2,5 – 4 meter).

Sesuai namanya, Fearless 60 punya panjang lambung sekitar 60 meter dan lebar 9,5 meter. Dengan muatan penuh, bobot Fearless 60 adalah 650 ton, yang mana kapal ini dirancang untuk menyeimbangkan kapasitas kargo dengan ketangkasan navigasi.

Mesin utama Fearless 60 mencakup empat mesin dengan output daya gabungan sebesar 9.360 kW dan bow thruster untuk meningkatkan kemampuan manuver. Sistem kelistrikannya didukung oleh empat generator, masing-masing menghasilkan 300 kWe, untuk memenuhi kebutuhan operasional dan kebutuhan hidup di kapal.

Dalam spesifikasi yang dirilis ST Engineering, Fearless 60 dilengkapi dengan combat management system, radar surveillance system, infrared surveillance system, radar fire control system dan integrated electronic support measure (ESM) untuk meladeni peperangan elektronika.

Menhan Prabowo Luncurkan KCR-60M Kelima, Dilengkapi Meriam Bofors 57 MK.3 dan Rudal Anti Kapal High Subsonic Exocet MM40 Block 3

Meski tak dijelaskan secara spesifik, Fearless 60 akan dilengkapi dengan primary gun berupa meriam pada haluan, yang dalam ilustrasi adalah meriam kaliber 76 mm. Kemudian ada secondary gun berupa kanon kaliber 20 mm, rudal jelajah anti kapal dan rudal pertahanan udara (hanud). Bila dilihat sekilas pada gambar desain, kemungkinan yang dibawa adalah dua tabung peluncur rudal sejenis Harpoon. Lantas di bagian belakang nampak sejenis RIM-116 Rolling Airframe Missile (RAM) untuk sistem senjata hanud. (Gilang Perdana)

9 Comments