Seputar DSEI 2019Klik di Atas

SIG MPX: Pilihan Baru Submachine Gun Satuan Elite TNI dan Polri

mpx_k

Rajanya Submachine Gun (SMG) memang masih dipegang Heckler & Koch (H&K) dari Jerman, maklum debut keturunan MP5 sudah tertancap cukup lama dan dikenal battle proven dari masa ke masa. Namun bukan berarti manufaktur lain kalah garang, contohnya seperti SIG Sauer yang menawarkan SIG MPX sebagai rival berat MP5. Bahkan MPX yang dirancang modular dengan kaliber 9 mm sudah dipercaya sebagai senjata pilihan satuan elite Polri dan TNI.

Baca juga: H&K MP5SD-2 – Senjata Serbu Kopassus dalam Operasi Woyla

dsc_0274

Dari rekam jejaknya, SIG MPX masih terbilang amat baru, desainnya baru tuntas dirancang pada tahun 2013, dan resmi dirilis ke publik pada tahun 2015. Bekerja dengan pola gas operated, MPX disebut-sebut sebaga SMG pertama yang mengusung fitur sistem piston, fully closed dan rotating bolt. Oleh pihak pabrika, fitur tersebut dikedepankan untuk lebih menjamin keselamatan sang penembak, dan tentunya meningkatkan kinerja senjata. Guna meningkat presisi saat penembakan, efek henkatan saat peluru dilepaskan diperkecil dengan teknologi short stroke push rod gas system.

Baca juga: SIG 550 Sniper – Senapan Runduk Andalan Korps Marinir di Kaliber 5,56 mm

SIG MPX-C (Carbine Variant).
SIG MPX-C (Carbine Variant).

Baca juga: Brugger & Thormet MP9 – Submachine Gun Super Ringkas Andalan Kopaska TNI AL

ok

Pasar terbesar SIG MPX tak lain adalah Amerika Serikat, dan sedari awal dirancang untuk menandingi kedigdayaan MP5, meski varian dan aksesoris yang ditawarkan belum sebanyak MP5. SIG MPX mengusung pola tembakkan full otomatis dansemi otomatis. Sebagai senjata modular, komponen pada laras dapat diganti sesuai kebutuhan. Dan menyadari popularitas senapan serbu M16 dan karabin M4 masih begitu kental di kalangan militer, maka SIG sengaja merancang desain style control pada area picu mengikuti jejak M16.

Baca juga: Pindad PM-3 – Submachine Gun Produk Dalam Negeri, Andalkan Racikan Desain Assault Rifle dan MP5

Style control khas M16/M4.
Style control khas M16/M4.

Bagian receiver SIG MPX dibuat dari bahan aluminum alloy, dan agar mudah dipasangi pilihan beragam teropong dan alat bidik lainnya, pada bagian atas receiver hingga laras terpasang picatinny rail. Secara umum, SIG Sauer menawarkan MPX (Standard variant), MPX-K (Compact variant), MPX-P (Pistol variant), MPX-PSB (Pistol variant), MPX-SD (Integrally Suppressed Variant) – berperedam/silencer, MPX-C (Carbine Variant).

mpx_indoor

Baca juga: Daewoo K7 – Sub Machine Gun Berperedam Terintegrasi, Andalan Pasukan Khusus TNI

swso15-sigs-field-682x383-1441383790

img-20161029-wa0008

Untuk memberi kebebasan pada penggunanya, SIG Sauer menawarkan dua desain popor, yakni collapsible stock (model tarik) dan side folding stock (model lipat). Di lingkungan TNI, kabarnya senjata ini digunakan secara terbatas oleh satuan elite Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL dan Densus 88 Polri. (Gilang Perdana)

Spesifikasi SIG MPX (versi standar)
– Asal : Amerika Serikat
– Pabrik : SIG Sauer
– Kaliber : 9 mm x 19
– Berat: 2,7 kg
– Modes of fire : 0 – 1 -3 – full auto
– Kecepatan tembak : 700 peluru per menit
– Kecepatan proyektil : 285 meter per detik
– Jarak tembak efektif : 100 meter
– Magasin : 10/20 atau 30 peluru

7 Comments