Setelah Drone Kamikaze, Iran Disebut Bakal Pasok Rudal Balistik Fateh-110 dan Zolfaghar ke Rusia

Fateh-110 (Foto: IRNA)

Alih-alih bakal mereda, konflik antara Rusia dan Ukraina sepertinya bakal memasuki babak baru. Setelah sebelumnya Rusia mendapatkan pasokan drone kamikaze (loitering munition) dari Iran, kini ada kabar dari sumber Intelijen Amerika Serikat yang menyebut bahwa Negeri Para Mullah sedang bersiap untuk mengirim paket rudal balistik jarak pendek untuk Rusia.

Baca juga: Shaded-136 – Drone Kamikaze Produksi Iran yang Tampil di Laga Perang Ukraina

Dikutip dari Washingtonpost.com (16/10/2022), sebuah penilaian intelijen yang dibagikan dalam beberapa hari terakhir oleh pejabat Ukraina dan AS, menyimpulkan bahwa industri persenjataan Iran sedang mempersiapkan pengiriman pertama rudal Fateh-110 dan Zolfaghar, dua rudal balistik jarak pendek single stage yang mampu menyerang target pada jarak masing-masing 250 dan 700 Km.

Nama Fateh-110 dan Zolfaghar terasa asing ditelinga netizen. Dari beberapa literasi, Fateh-110 masuk kategori rudal balistik dengan tenaga solid-propelan untuk menyasar target jarak pendek. Fateh-110 dirancang untuk diluncurkan dari platform mobile, yaitu pada truk 6×6.

Zolfaghar.

Dilihat dari desainnya, Fateh-110 dianggap sebagai bentuk lain dari rudal buatan Rusia R-65 FROG, tetapi sumber lain mengatakan Fateh-100 adalah copy-an dari rudal balistik DF-11 buatan Cina.

Oleh militer Iran, rudal Fateh-110 dirancang untuk menggantikan banyak sistem rudal Scud yang sudah tua yang selama ini digunakan oleh angkatan bersenjata Iran. Iran mulai mengembangkan Fateh-110 pada tahun 1997 dan uji terbang pertama Fateh-110 berlangsung pada Mei 2001.

Fateh-110 saat ini sudah dibuat dalam varian Fateh A-110B yang memiiki jangkauan tembak hingga 300 Km dengan akurasi 3 meter CEP (Circular Error Probability). Punya berat 650 kg, Fateh dapat melesat hingga kecepatan Mach 3. Rudal ini mengandalkan pemandu Inertial, global navigation satellite system dan electro-optical terminal.

Baca juga: Fateh-313 dan Qiam-1 – Dua Rudal Balistik Pembuka Serangan Iran ke Basis Militer AS

Sementara rudal Zolfaghar juga merupakan rudal balistik jarak pendek single stage, dan ditenagai solid-propelled. Rudal ini diresmikan saat parade militer pada September 2016. Menurut sumber militer Iran, rudal Zolfaghar memiliki jangkauan 700 Km. Pada Februari 2019 Iran meluncurkan versi jarak jauh baru dari rudal Zolfaghar yang disebut rudal Dezful dengan jangkauan 1.000 km. (Bayu Pamungkas)

15 Comments