Setelah Bushmaster, Kini Ukraina Minta Donasi Rantis Hawkei 4×4 dari Australia

Sebagai bentuk dukungan Australia pada perjuangan Ukraina, tidak kurang dari 20 unit rantis Bushmaster 4×4 telah dikirimkan ke medan perang Ukraina pada pertengahan 2022 lalu. Dan ada kabar terbaru dari Kiev, bahwa Ukraina kini kembali memohon donasi rantis jenis lain dari Australia. Rantis apakah itu?

Baca juga: Untuk Ukraina, Australia Telah Terbangkan 20 Unit Bushmaster 4×4

Mengutip dari 9news.com.au (11/4/2023), dalam sebuah video berenergi tinggi yang dirilis akun Twitter resmi Kementerian Pertahanan Ukraina pada hari Selasa lalu, secara lugas Kementerian Pertahanan Ukraina memohon kepada Perdana Menteri Anthony Albanese untuk mengirim rantis baru ke negaranya, yakni Hawkei 4×4.

“Kami menyukai kendaraan lapis baja buatan Australia,” kata Kemhan Ukraina. “Sejak teman-teman kami Down Under (Australia) memberi kami Bushmaster tahun lalu, tentara kami tidak bisa berhenti mengoceh tentang betapa hebatnya rantis ini untuk menghadapi Rusia,” tambah Kemhan Ukraina.

“Tentara kami sangat mencintai Bushmaster Australia. Tapi sekarang mereka kini melirik rantis baru, Hawkei,” kata tweet Kemhan Ukraina. Ia menambahkan, keduanya (Bushmaster dan Hawkei akan menjadi pasangan yang sempurna di medan perang. “Kami akan sangat menghargai reuni mereka di Ukraina, @AlboMP!”

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak Australia atas permintaan donasi rantis Hawkei 4×4.

Hawkei 4×4 adalah rantis yang dari desain sekelas dengan Komodo 4×4 buatan Pindad, oleh pabrikannya (Thales Australia), Hawkei digadang sebagai Next Generation Light Protected Vehicle. Pakemnya mengacu pada highly protected, termasuk ketahanan menghadapi efek ledadan dari ranjau dan Improvised Explosive Devices.

Pihak Thales Australia merilis dua varian Hawkei, yakni Hawkei 4 door dan Hawkei 2 door. Karena digadang sebagai rantis sekelas Komodo dan P2 Commando, maka jenis senjata yang bisa dibawa pun setanding, yakni pada bagian atas telah disiapkan dudukan (weapon mount) untuk RCWS (Remote Control Weapon Station), senjatanya bisa pelontar granat otomatis 40 mm, GPMG 5,56 mm dan Senapan Mesin Berat (SMB) 12,7 mm.

Seperti halnya Bushmaster, Thales Australia merancang Hawkie sebagai rantis yang cerdas, dalam spesifikasinya paket Hawkei sudah dilengkapi dengan SOTAS IP Smart Platform Advanced Vehicle Electronic Architecture, sehingga dapat menjalankan peran Command, Control, Communications, Computers, and Intelligence (C4I).

Baca juga: Rantis Hawkei 4×4 Australia Capai Kemampuan Operasional Awal

Punya desain khas mobil rally Paris-Dakar, Hawkei disokong mesin diesel tangguh, Styer M16 SCI 3.200cc monoblock 200 Kw. Hawkei melaju dengan transmisi ZF 6HP 280 yang menyediakan enam percepatan maju, satu percepatan mundur dan convertor lock up. Kecepatan maksimum rantis 7 ton ini bisa dibawa ngebut hingga 130 km per jam. Dengan kapasitas bahan bakar penuh (200 liter), Hawkie sanggup menjelajah sampai 600 km. (Gilang Perdana)

One Comment