Senilai Rp360 Miliar, Kemhan Order Dua LST Teluk Bintuni Class Ke PT Bandar Abadi

Setelah melibatkan dua perusahaan dalam pembangunan tujuh unit Landing Ship Tank (LST) Teluk Bintuni Class (AT-117M), yaitu PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) dan PT Daya Radar Utama, Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI melakukan ekspansi dengan menambah pesanan dua unit LST serupa, yaitu pesanan kedelapan dan kesembilan. Untuk dua pesanan tambahan ini, Kemhan mempercayakan produksinya kepada PT Bandar Abadi Shipyard.

Baca juga: Total LST Teluk Bintuni Class TNI AL Akan Berjumlah 7 Unit

Kontrak pengadaan tambahan dua LST Teluk Bintuni Class ini dilakukan pada 12 April lalu, bersamaan dengan penandatanganan kontrak pengadaan kapal selam Nagapasa Class batch kedua, helikopter NAS 332 Super Puma, medium tank Harimau, panser Cobra 8×8, dan beberapa alutsista lainnya. Untuk pembangunan dua LST ini, Kemhan telah mengalokasikan dana senilai Rp360 miliar atau setara US$25,5 juta.

PT Bandar Abadi adalah galangan kapal di Tanjung Uncang, Batam. Meski namanya terdengar baru dalam pembangunan kapal untuk TNI AL, namun perusahaan swasta ini mempunyai fasilitas dry dock  dengan kapasitas 70 ribu ton dan panjang kapal 202 meter. Dikutip dari Janes.com (15/4/2019), pihak PT Bandar Abadi menyebutkan meski platform-nya adalah Teluk Bintuni Class, namun akan ada sedikit variasi yang berbeda untuk menyesuaikan keinginan customer.

KRI Teluk Kendari 518

Guna memenuhi target dalam Minimum Essential Force (MEF) III, sampai tahun 2024 diharapkan total LST Bintuni Class akan berjumlah 12 unit kapal. Dengan yang sudah beroperasi (KRI Teluk Bintuni 520 dan KRI Teluk Lada 521), plus kapal yang tengah dibangun PT Kodja Bahari, maka Kemhan dalam lima tahun kedepan masih akan melakukan pemesanan 3 unit kapal lagi.

LST Teluk Bintuni Class dapat membawa 10 unit MBT Leopard 2A4 atau 15 tank amfibi BMP-3F. LST ini dapat membawa 2 unit helikopter, pasalnya terdapat dua helipad dengan fasilitas hangar untuk kapasitas helikoper 10 ton.

Baca juga: Perkuat Koarmada III, LST KRI Teluk Lada 521 Resmi Diserahterimakan

Secara teknis, lapal ini punya panjang 120 meter, lebar 18 meter, dengan tinggi 11 meter. Kecepatannya 16 knots dengan main engine 2×3285 KW yang ditenagai dua mesin. Secara umum Teluk Bintuni Class sanggup dimuati 113 ABK (anak buah kapal), enam orang kru helikopter, dan pasukan sebanyak 361 orang. (Bayu Pamungkas)

17 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *