Sah, Drone Tempur Bayraktar Kizilelma Benar-benar Sukses Mengudara

Lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan, yakni pada tahun 2023, Baykar Makina pada hari Rabu, 14 Desember lalu akhirnya berhasil melakukan uji terbang perdana pada prototipe drone tempur Bayraktar Kizilelma. Penerbangan perdana (maiden flight) ini cukup mengejutkan, pasalnya baru sepuluh hari sebelumnya dilakukan uji take-off (hanya beberapa detik) di landasan pacu di Akinci Flight Training and Test Center di provinsi Tekirdag.

Baca juga: Drone Tempur Bayraktar Kizilelma Berhasil Take-off Meski Hanya Beberapa Detik

Chief Technology Officer Baykar Makina, Selcuk Bayraktar dalam akun Twitter-nya mengatakan, โ€œImpian 20 tahun kami dalam pengembagan drone nasional telah menjadi kenyataan hari ini.โ€

Menggunakan satu mesin jet turbofan Ivchenko-Progress yang dirancang Ukraina, Bayraktar Kizilelma dapat membawa muatan (payload) 1,5 ton, sementara bobot maksimum saat tinggal landas 2,2 ton. Drone bermesin jet ini punya endurance maksimum 5 jam dan jangkauan terbang 930 km.

Bayraktar Kizilelma dirancang untuk mampu melakukan misi pertempuran udara ke darat dan udara ke udara. Drone ini juga dirancang untuk mendarat dan lepas landas di landasan pacu pendek, termasuk kelak beroperasi dari kapal serbu amfibi TCG Anadolu.

Bayraktar Kizilelma adalah drone supersonik dengan RCS (radar cross section) rendah yang dilengkapi dengan radar AESA. Pesawat ini ditenagai oleh mesin turbofan yang diumpankan oleh dua saluran masuk udara.

Bayraktar Kizilelma mengadopsi kendali canard berpasangan untuk meningkatkan kemampuan manuver atau mengendalikan aliran udara sayap utama dengan lebih baik. Seperti hanya jet tempur stealth, drone ini dilengkapi weapon bay yang akan memungkinkan untuk beroperasi di lingkungan yang diperebutkan sambil mempertahankan kemampuan untuk ‘diamati’ dengan rendah.

Baca juga:ย [Video] Drone Tempur Bermesin Jet Turki Bayraktar Kizilelma Tuntaskan Uji Taxiing

Uji terbang Bayraktar Kizilelma masih akan terus berlanjut di tahun depan, mengingat uji terbang perdana pada 14 Desember kemarin baru dilakukan dalam jarak pendek dengan durasi singkat. (Gilang Perdana)

7 Comments