Rusia Perkenalkan Kh-59MKM – Rudal Jelajah Spesialis Penghancur Sasaran Stasioner Strategis

Kh-59ME telah dikenal sebagai salah satu persenjataan andalan pada armada jet tempur Sukhoi Su-27/Su-30 MK2 Skadron Udara 11 TNI AU. Dibanding dengan jenis rudal udara ke permukaan yang tersedia pada arsenal TNI AU, maka Kh-59 masuk kategori rudal udara ke permukaan yang paling bongsor, lantaran punya berat hampir satu ton.

Baca juga: Kh-59ME – Rudal Anti Kapal Andalan Sukhoi Su-30MK2 Flanker TNI AU

Sejauh ini belum ada kabar bahwa rudal Kh-59ME pernah diuji tembak oleh TNI AU, dan terkait dengan keluarga Kh-59, dari ajang MAKS 2021, pihak manufaktur – JSC Tactical Missiles Corporation (KTRV) telah merilis varian terbaru Kh-59 yang diberi label Kh-59MKM.

Dikutip dari southfront.org, disebutkan Kh-59MKM dirancang untuk menghancurkan sasaran permukaan stasioner (tetap) yang mendapat perlindungan. Dibandingkan varian sebelumnya, Kh-59MKM dalam satu rudal dilengkapi dua jenis hulu ledak, yakni pada bagian depan ada empat unit small shaped charges dengan bobot masing-masing 40 kg dan hulu ledak dengan kemampuan penetrasi seberat 320 kg.

Lebih detail tentang sasaran, beberapa sasaran stasioner yang dimaksud untuk dilahap rudal ini di antaranya adalah fasilitas industri dan energi, bendungan hidro, serta instalasi logistik laut dan darat. Kh-59KM punya jangkauan 285 kilometer dengan ketinggian terbang kurang dari 2 km. Navigasi dan sistem panduan yang menyertai rudal ini memungkinkan akurasi rudal ini dengan circular error probable 10 meter.

Dari spesifikasi yang ditampilkan pada brosur, Kh-59MKM punya panjang 5,7 meter dan lebar bentang sayap 1,3 meter. Untuk urusan bobot, masih sama dengan varian Kh-59ME, yaitu 930 kg. Rudal jelajah ini dapat melesat dengan kecepatan maksimum 1.035 km per jam dan kecepatan jelajah 900 km per jam. Bila ketinggian terbang minimumnya 2 km, maka ketinggian terbang maksimum 10 km.

Baca juga: Sukhoi Su-30MK2 TNI AU Lakukan Serangan Jarak Jauh dengan Rudal Udara ke Permukaan Kh-29TE

Kabarnya, Kh-59MKM adalah varian tambahan terbaru dan pertama dari keluarga rudal jelajah Kh-59 yang dibuat pasca Uni Soviet bubar. (Bayu Pamungkas)

13 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *