Rusia Ciptakan Kaca Kokpit “Stealth Glass,” Kemampuan Stealth Jet Tempur Meningkat 20 Persen

Tengah melakoni perang dengan Ukraina plus diganjar aneka sanksi dari Barat, rupanya tak menjadikan bidang penelitian dan pengembangan alutsista di Rusia kendor. Justru yang terjadi, litbang persenjataan Rusia yang digawangi beberapa perusahaan nasional terus mencari terobosan guna mendukung kemampuan tempur negeri Beruang Merah. Seperti yang terbaru adalah pengembangan teknologi kaca kokpit pada jet tempur stealth.

Baca juga: Sukhoi Su-57 ‘Turun Gunung’ di Perang Ukraina, Pertama Kali Terjun dalam Misi Tempur Sebenarnya

Persisnya Perusahaan Riset dan Produksi Obninsk “Technologiya”, bagian dari Rosteс State Corporation, berhasil meningkatkan karakteristik lapisan kaca pada kokpit sebesar 20 persen pada penempur stealth, yang sekaligus mengurangi visibilitas radar pesawat militer.

Dikutip dari Topwar.ru, stealth glass memperoleh sifat khusus karena mengusung lapisan film tipis logam dan oksida logam, yang disimpan ke permukaan dengan sputtering magnetron dalam mesin vakum. Modernisasi ini meningkatkan kinerja puncak magnetron lebih dari tiga kali lipat, memungkinkan deposit film dengan resistivitas permukaan yang jauh lebih rendah.

Layar panorama pada kokpit Su-75 Checkmate (Foto: Twitter @qretaxyeta)

Solusi rekayasa dan desain secara signifikan meningkatkan kualitas lapisan yang diterapkan pada produk kaca kokpit untuk produksi massal, alhasil bagian kokpit pada jet tempur mendapatkan karakteristik optik yang lebih baik dan visibilitas radar yang rendah. Faktor-faktor ini meningkatkan potensi tempur dan kemampuan bertahan pada sebuah pesawat tempur stealth.

Technologiya memiliki pengalaman dalam pengembangan independen dan produksi serial produk optik struktural dengan pelapis film tipis multifungsi yang diterapkan pada beragam perangkat militer. Solusi rekayasa dan perangkat lunak yang diterapkan oleh spesialis perusahaan telah memungkinkan untuk membuat struktur logam-optik dengan lebih dari 200 lapisan, masing-masing setebal 0,25-0,3 nm.

Baca juga: Terlihat Lebih Jelas Bagian Kokpit Jet Tempur Stealth Terbaru Rusia

Menurut Vladimir Artyakov, Wakil Direktur Umum Rostec State Corporation, sampel pertama kaca siluman yang dibuat pada peralatan modern sepenuhnya mengkonfirmasi pada parameter desain. (Gilang Perdana)

12 Comments