Roshel Kanada Umumkan Pengiriman Rantis Lapis Baja Senator 4×4 Ke-1000 untuk Ukraina

Sepertinya Senator 4×4 menjadi rantis lapis baja ‘keluaran baru’ yang dikirim dalam jumlah terbesar ke Ukraina. Sebagai salah satu anggota NATO, Kanada telah menjadi donatur persenjataan, amunisi dan logistik pada fase awal perang Ukraina. Yang mana salah satu donasi Kanada adalah rantis lapis baja Senator 4×4 yang mulai dikirim pada Maret 2022, atau dua bulan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Senator 4×4 – Rantis Lapis Baja Angkut Personel yang Akan Dikirim Kanada ke Ukraina

Dan belum lama ini, Roshel Inc sebagai pabrikan Senator 4×4, mengumumkan pengiriman unit ke-1000 rantis Senator ke Ukraina dalam sebuah acara resmi. Roman Shimonov, Pendiri dan CEO Roshel, memuji pencapaian tersebut, dengan menyatakan, “Roshel mencapai tonggak sejarah yang luar biasa, mengirimkan kendaraan lapis baja Senatorke-1000 ke Ukraina lebih cepat dari jadwal.” Sebagai catatan, Roshel adalah perusahaan Kanada yang didirikan oleh Roman Shimonov, anggota dewan Kamar Dagang Kanada-Ukraina.

Sepanjang tahun 2022, banyak kendaraan Senator baru yang diproduksi dikirim ke Ukraina, yang merupakan bagian dari paket bantuan militer yang diberikan kepada pemerintah Ukraina di tengah invasi Rusia. Sebagian dari Senator yang dikirim ke Ukraina ditempatkan secara aktif oleh Dinas Perbatasan Negara Ukraina dan Angkatan Bersenjata Ukraina.

Dibangun di atas sasis truk Ford, Senator 4×4 memberikan kelincahan dan kekuatan dalam kemampuan manuver. Fleksibilitas ini memungkinkannya dengan cepat menyesuaikan posisinya atau melakukan tugas tambahan sesuai kebutuhan dalam situasi pertempuran yang dinamis.

Dikutip Defense-blog, disebut militer Ukraina sangat menghargai kendaraan lapis baja Senator, dan secara aktif menggunakannya di beberapa zona tempur yang paling menantang. Di Ukraina Timur dan Selatan, kendaraan ini mendapat pujian tinggi atas kinerjanya dan berperan penting dalam konflik yang kritis.

Sejatinya tidak ada yang terlalu istimewa dari Senator 4×4, mengigat rantis model seperti ini sudah banyak dibuat oleh beragam negara, termasuk Indonesia. Meski begitu, Roshel mengklaim bahwa Senator 4×4 punya ciri khas kemampuan manuver yang tinggi, dengan radius putar yang kecil menjadikannya pilihan ideal untuk lingkungan perkotaan.

Menggunakan material komposit ringan, Roshel menjamin performa dan mobilitas tertinggi untuk platform kendaraan multi-misi ini. Bodi kendaraan telah dirancang khusus untuk menggabungkan bahan insulasi panas dan kebisingan tingkat lanjut yang memberikan tingkat kenyamanan tanpa kompromi bagi penumpangnya. Pelindung perimeter kompartemen penumpang dan ruang mesin Senator dirancang untuk memberikan perlindungan hingga tingkat perlindungan balistik CEN B7 atau mampu menahan terjangan proyektil kaliber 7,62 mm.

Mitsubishi Type 73 Kogata 4×4 – Rantis dari Platform Pajero yang Akan Berlaga di Ukraina

Senator 4×4 disokong mesin 6.7L Diesel V8 dengan 330 @2.600 rpm. Rantis ini mengandalkan transmisi 6-speed automatic. Dengan kapasitas 12 kursi penumpang, Senator 4×4 punya dimensi 5945 x 2340 x 2450 mm dan wheelbase 3683 mm. (Gilang Perdana)