Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Ronin Speed Boat: Peronda Dermaga Lantamal Jakarta

Ronin dalam bahasa Jepang diartikan sebagai Samurai yang terpisah atau hilang dari tuannya. Namun Ronin yang satu ini diwujudkan sebagai kapal patroli di kawasan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta. Berbeda dengan kapal patroli (KAL) yang biasa meronda kawasan Lantamal, Ronin dirancang sebagai speed boat yang dengan desain streamline, justru mencitrakan sebagai speed boat mewah. Pasalnya selain mengemban tugas patroli di dermaga, Ronin juga berfungsi mendukung tugas protokoler VIP (Very Important Person).

Baca juga: Palindo Marine PC-28 – Kapal Patroli Cepat Litoral dengan Teknologi RCWS

Foto: Republika.co.id

Seperti apakah sosok Ronin? Resminya Ronin dioperasikan Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal III pada 3 Februari 2014. Speed boat dengan panjang 10 meter ini sanggup dibawa ngebut sampai kecepatan 35 knot (64,5 km per jam). Untuk menyokong tenaga, Ronin mengggunakan dua unit mesin Suzuki 4T yang mampu menghasilkan tenaga 115 HP. Ronin dibangun dari body full fiberglass. Berbeda dengan KAL, speed boat Ronin tidak dilengkapi persenjataan, atau mounting untuk senjata.

Ronin merupakan speed boat yang akan diperuntukkan sebagai kapal patroli keamanan laut (Patkamla) hasil produksi galangan kapal Bahari, Tanjung Priok Jakarta Utara. Ronin dapat membawa 20 penumpang. (LoL)

7 Comments