RFS Kommuna – Salvage/Rescue Ship Berusia Satu Abad, Dikerahkan ke Titik Tenggelamnya RTS Moskva

Setelah tenggelamnya kapal penjelajah rudal Rusia RTS Moskva di Laut Hitam pada 13-14 April lalu, justru minim akfivitas kapal perang Angkatan Laut Rusia di titik atau koordinat tenggelamya kapal penjelajah berbobot 12.490 ton itu. Umumnya, di atas lokasi tenggelamnya suatu kapal, akan ‘dipadati’ aktivitas di permukaan, baik kapal untuk mendukung misi keperluan SAR, evakuasi sampai investigasi.

Baca juga: Kemhan Rusia:  Kapal Penjelajah Rudal RTS Moskva Tenggelam Saat Proses Penarikan

Dikutip dari NavalNews.com, citra satelit yang menyisir area insien, mengindikasikan koordinat yang diduga lokasi tenggelamnya RTS Moskva kerap dalam kondisi berawan. Terlebih, kapal perang Armada Laut Hitam Rusia yang berada di kawasan itu juga mendapat ancaman, yakni bisa saja nasibnya tersengat rudal anti kapal milik Ukraina yang diluncurkan dari pesisir, RK-360MC Neptune.

Namun, ada kabar bahwa Angkatan Laut Rusia telah mengerahkan salvage/rescue ship RFS Kommuna ke titik koordinat tenggelamnya RFS Moskva. RFS Kommuna adalah kapal penyelamat kapal selam, namun ada yang unik dari kapal ini. Pasalnya usia kapal ini yang sudah sangat tua dan di luar kelaziman, dimana kapal yang dibangun oleh Putilov Company di St. Petersburg ini diluncurkan pada 17 November 1913, dan masuk kedinasan AL Soviet pada 14 Juli 1915.

(Foto-foto: Istimewa)

Lantaran menjadi aset bersejarah tinggi dan peninggalan alutsista era Perang Dunia I, menjadikan pengerahan RFS Kommuna ke hot spot di Laut Hitam begitu diwanti-wanti, mengingat aset bersejarah ini bisa menjadi target empuk dari rudal anti kapal yang diluncurkan Ukraina.

Meski diluncurkan di era Perang Dunia I, tapi kontruksi RFS Kommuna terbilang maju pada zamannya, salah satunya bisa dilihat dari desainnya yang menganut dual lambung – katamaran.

Menyesuaikan teknologi dan zaman, pada tahun 1967, kapal tersebut berlayar dari Laut Baltik ke Laut Hitam, dan mendapatkan paket upgrade senilai 11 juta rubel, menjadikan RFS Kommuna dapat membawa kapal selam mini untuk keperluan SAR dan evakuasi pada kasus kecelakaan bawah laut. Pada tahun 1974, RFS Kommuna dilengkapi dengan kapal selam Type AS-6 Poisk-2, yang pada tanggal 15 Desember 1974 membuat rekor penyelaman hingga kedalaman 2.026 meter.

Pada tahun 1977, kapal selam Type AS-6 Poisk-2 digunakan dalam pencarian pesawat Sukhoi Su-24 yang jatuh dan tenggelam di Kaukasus pada kedalaman 1.700 meter.

Pada tahun 1984, RFS Kommuna dipindahkan ke Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Namun, transfer dibatalkan, dan pada tahun 1999 RFS Kommuna ditunjuk kembali sebagai kapal penyelamat kapal selam untuk Armada Laut Hitam.

Kabar terakhir, pada Oktober 2009 RFS Kommuna menerima kapal selam penyelamat buatan Inggris, Pantera Plus, yang mampu beroperasi hingga kedalaman 1.000 meter. Sejak Januari 2012, RFS Kommuna menjadi bagian dari detasemen kapal penyelamat yang berbasis di Sevastopol.

Baca juga: K-278 Komsomolets – Kapal Selam dengan Bodi Titanium Pemecah Rekor Penyelaman Terdalam

Terkait dengan tenggelamnya RTS Moskva yang tenggelam di kedalaman 45 hingga 50 meter tentu bukah hal yang sulit untuk dicapai oleh kapal selam yang ada di RFS Kommuna. Besar kemungkinan RFS Kommuna dikerahkan untuk melakukan evakuasi pada senjata strategis yang ada di kapal, jenazah awak, dan materi sensitif lainnya yang mungkin diincar oleh intelijen asing. (Gilang Perdana)

10 Comments