Rayakan 100 Tahun Industri Tank, Rusia Telah Ekspor 3000 Tank dalam 20 Tahun Terakhir

MBT T-90MS

Imbas dari pandemi Covid-19 telah menerpa industri pertahanan, dimana akibat pembatasan perjalanan antar negara, menjadikan permintaan atas produk alutsista mengalami penurunan pada tahun ini. Meski begitu, ada kabar dari lini produk alutsista lapis baja, disebutkan bahwa permintaan pada produk ranpur lapis baja Rusia masih terbilang tinggi untuk pasar global.

Baca juga: T-90M – MBT Terbaru Rusia dengan Proteksi Maksimal dari Ancaman Senjata Anti Tank

Hal tersebut disampaikan oleh Rosoboronexport (bagian dari Rostec State Corporation), agen resmi penjualan produk ekspor pertahanan Rusia ini merilis kabar telah mengekspor lebih dari 3.000 tank dan ranpur lapis baja lainnya dalam periode 20 tahun terakhir. Pernyataan dari Rosoboronexport yang diterima Indomiliter.com (16/9/2020), disampaikan dalam momen perayaan 100 tahun industri tank Rusia yang bertepatan dengan Tank Crew Day.

“Saat ini, beberapa ranpur produksi kami seperti MBT Armata dan T-90MS, BMPT Terminator tank support fighting vehicles, Sprut-SDM1 light amphibious tanks, TOS-1A heavy flamethrower systems dan Msta-S self propelled howitzers, mendapatkan perhatian besar dari pasar internasional,” ujar Alexander Mikheev, Director General of Rosoboronexport and Deputy Chairman of the Russian Engineering Union dalam siaran pers.

Alexander Mikheev menambahkan, lebih dari 40 negara saat ini aktif menggunakan ranpur lapis baja Rusia, beberapa bahkan telah menjadi pengguna produk kami sejak era Uni Soviet. “Selama 20 tahun terakhir, lebih dari separuh negara-negara tadi telah menandatangani kontrak besar dengan Rosoboronexport untuk pasokan batch baru kendaraan lapis baja atau modernisasi armada tank mereka,” kata Mikheev.

Guna meyakinkan negara pembeli, Rusia memperhatikan tahapan evaluasi awal sebelum negara pembeli memutuskan untuk resmi mengakuisisi. Mikheev memberi ilustrasi pada pengadaan MBT T-90, dimana tank ini diuji coba di Gurun Thar (India) dan wilayah Arab, dan hasilnya India memutuskan untuk membeli dan memproduksi T-90S secara lisensi, berikut dukungan untuk membangun pabrik di India.

Baca juga: PT-91M Pendekar – Pelopor MBT Modern di Asia Tenggara

Menurut klaim Rusia, pasar ekspor tank global saat ini didominasi oleh penjualan MBT T-72, T-80 dan T-90. Sementara, perayaan 100 tahun industri tank Rusia berlangsung di Nizhny Tagil, yang dikenal sebagai pabrik dan lokasi fasilitas produksi utama produsen tank Rusia yang terkenal, Uralvagonzavod Research and Production Corporation. (Bayu Pamungkas)

Tags:,
90 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *