QGM-95A Scope – Cornershot untuk Senapan Serbu yang Praktis dan Bebas ‘Ngadat’

Tak ada yang menyangkal, bahwa CornerShot efektif digunakan dalam pertempuran jarak dekat – CQB (Close Quarter Battle) di wilayah urban. Dengan membidik sasaran dibalik dinding, mengintai situasi bak periskop kapal selam, dan yang utama menghindarkan risiko prajurit tewas dalam pertempuran jarak dekat, adalah beberapa keunggulan dari CornerShot. Namun, CornerShot bukan tanpa kelemahan.

Baca juga: CornerShot: Tembak Sasaran dari Balik Tembok, Inilah Senjata ‘Petarung’ Jarak Dekat

Lantaran ujung laras CornerShot dilengkapi kamera, laser pembidik, infrared dan senter (tactical light) dan layar LCD berwarna ukuran 2.5 inchi, maka CornerShot membutuhkan baterai sebagai sumber tenaganya. Dalam konteks operasi yang sesungguhnya, tentu harus dipikirkan bila sistem elektronik dan baterai pada CornerShot tidak berfungsi atau mengalami kendala.

Berangkat dari kasus di atas, Cina punya produk yang diberi label QGM-95A, yakni berupa cornershot scope tanpa baterai yang dipasang di atas receiver senapan serbu atau submachine gun. Yang unik, cara kerja QGM-95A benar-benar mirip sebuah periskop kapal selam. Penembak dapat membidik sasaran dari balik tembok atau dinding, namun posisi senjata tetap diarahkan secara konvensional.

Meski model scope sejenis pernah digunakan pada era Perang Dunia Kedua, namun QGM-95A unggul dalam hal daya tembak, sebut saja bila CornerShot mengusung kaliber 9 mm dari pistol standar, maka QGM-95A bisa dipasang pada level senapan serbu.

QGM-95A tergolong peralatan baru yang digunakan pasukan khusus dan kepolisian Cina. QGM-95A dikembangkan oleh Equipment Technology Co., Ltd dan kini diproduksi Nanjing North Optoelectronics. Dari namanya, terlihat jelas bahwa perangkat bidik ini sudah diakui oleh pihak militer. Saat ini, perangkat bidik ini cocok untuk dipasang pada senapan serbu bullpup Norinco QBZ-95-1.

Prinsip penglihatan sudut QGM-95A sangat sederhana. Bagian utama belakang penglihatan adalah prisma pentagonal, yang menggunakan prinsip pantulan katadioptri prisma untuk membelokkan cahaya 90 derajat ke jendela kiri atau jendela kanan, dan menggunakannya pada saat yang sama kaca Lantanida dan anti- lapisan refleksi dengan reflektivitas rata-rata kurang dari 0,5 persen untuk mengurangi hilangnya cahaya dalam pembiasan dan refleksi.

Keuntungan utama dari QGM-95A corner direct-view scope adalah tidak mengorbankan fungsi pandangan langsung dalam keadaan normal dalam mewujudkan fungsi membidik sudut kiri dan kanan.

Ada ‘gigi’ ketiga pada lensa objektif QGM-95A. Kenop masing-masing sesuai dengan jendela kiri dan kanan dan jendela lurus. Saat kenop diputar ke posisi tengah, prisma pentagonal juga menghadap sumbu optik grup lensa depan. Cahaya akan melewati prisma dan masuk ke mata penembak untuk mencapai fungsi penglihatan langsung, dalam pertempuran sebenarnya, penembak dapat dengan cepat beralih sesuai situasi.

Baca juga: SMG Sa Vz 61 Skorpion – Pernah Jadi Andalan Paskhas Dalam Misi CQB

Dalam sudut pandang, QGM-95A dapat mencapai 1,5 hingga 4,5 kali zoom, sehingga tidak hanya dapat digunakan CQB dalam ruangan, tetapi juga dapat digunakan untuk menembak target jarak jauh sekitar 200 meter, dan musuh berjarak 200 meter arah tembakan. (Gilang Perdana)

One Comment