PZL Mielec Polandia Rayakan Produksi Unit Ke-100 Helikopter S-70 Black Hawk

Meski Polandia hanya membeli helikopter Black Hawk dalam jumlah minim (delapan unit), namun negara eks Pakta Warsawa yang berbatasan dengan Ukraina mendapat berkah untuk memproduksi helikopter Black Hawk varian ekspor (S-70 series). Dan pada 29 November 2023, PZL Mielec, manufaktur dirgantara asal Polandia yang telah diakuisisi Lockheed Martin, merayakan produksi unit ke-100 helikopter S-70 Black Hawk.

Baca juga:Indonesia Tandatangani HoA Pembelian 24 Unit Helikopter Multirole Sikorsky S-70M Black Hawk

Dari siaran pers pzlmielec.pl, Black Hawk produksi Polandia ke-100 yang diproduksi di PZL Mielec akan dikirim ke pelanggan pada akhir November untuk digunakan oleh Angkatan Bersenjata Polandia. Varian S-70i adalah yang pertama dari dua varian yang dikirim ke Angkatan Bersenjata Polandia, tepat waktu, menyusul kontrak untuk empat pesawat baru yang ditandatangani pada Desember 2021.

PZL Mielec merupakan salah satu produsen pesawat terbesar di Polandia, sekaligus pabrik produksi Lockheed Martin terbesar di luar Amerika Serikat. Sejak 2010, perusahaan telah mengirimkan helikopter Black Hawk kepada 18 operator dari 11 negara di dunia.

PZL Mielec juga memproduksi lebih dari 650 kabin dan 520 tail cone dan pylon untuk program Black Hawk. Pada tahun 2022, portofolio perusahaan telah diperkaya dengan produksi komponen utama untuk program global F-16 Block 70/72, seperti struktur badan pesawat belakang dan tengah serta struktur kokpit dan panel sampingnya dengan kompartemen depan.

Dari sejarahnya, PZL Mielec menjadi bagian dari konsorsium Lockheed Martin pada tahun 2007. Pada tahun itu, Lockheed Martin membeli mayoritas saham PZL Mielec, yang dikenal sebagai PZL Mielec sp. z o.o., dari pemerintah Polandia.

Pada saat itu, akuisisi tersebut dianggap sebagai langkah penting untuk mengakses keahlian dan kapabilitas manufaktur pesawat yang dimiliki oleh PZL Mielec. Khususnya, PZL Mielec telah terlibat dalam produksi dan perawatan pesawat, termasuk pesawat C-130 Hercules.

Kerjasama tersebut memberikan Lockheed Martin akses ke fasilitas dan keahlian produksi di PZL Mielec dan memperkuat hubungan antara Polandia dan Lockheed Martin. Pada umumnya, kolaborasi ini mencakup produksi, peningkatan, dan dukungan purna jual untuk berbagai jenis pesawat, dengan fokus pada C-130 Hercules.

PZL Mielec mulai memproduksi helikopter S-70 Black Hawk pada awal tahun 2010. Pada waktu itu, PZL Mielec, yang menjadi bagian dari Lockheed Martin, mendapatkan lisensi produksi untuk membangun helikopter S-70i Black Hawk di fasilitas mereka di Mielec, Polandia. Lisensi produksi tersebut mencakup hak untuk memproduksi, merakit, dan mendukung helikopter Black Hawk untuk pasar internasional.

Baca juga:Brunei Darussalam Pamerkan Helikopter S-70i Black Hawk di Indo Defence 2022

S-70i Black Hawk adalah versi internasional dari helikopter Black Hawk yang terkenal, yang awalnya dikembangkan oleh Sikorsky Aircraft Corporation (sekarang bagian dari Lockheed Martin). PZL Mielec telah berperan dalam memenuhi pesanan untuk S-70i Black Hawk untuk berbagai klien di seluruh dunia. (Gilang Perdana)

2 Comments