PT Lundin Industry Tuntaskan Pesanan X-12 Fast Patrol Boat dari AL Bangladesh

Bila selama ini pemberitaan lebih menyebut Indonesia sebagai penerima ToT (Transfer of Technology) atas alutsista dari negara lain, maka ada kabar sebaliknya dari North Sea Boats (PT Lundin Industry), perusahaan swasta nasional yang berpusat di Banyuwangi, Jawa Timur ini justru berhasil melakukan ToT kepada negara lain, persisnya dalam kontrak pengerjaan 18 unit kapal patroli cepat X-12 pesanan AL Bangladesh dan Penjaga Pantai Bangladesh.

Baca juga: North Sea Boats G7 Fast Interceptor – Rebut Predikat Kapal Tercepat di Indonesia!

Dari kontrak senilai US$6 juta pada tahun 2014, dari 18 unit yang dipesan, ada 16 unit yang dibuat oleh pihak galangan di Bangladesh, dimana proses pengerjaan unit perdana telah dimulai pada tahun 2015 di Dockyard and Engineering Works (DEW) Narayanganj, Bangladesh.

Dan dikutip dari shephardmedia.com (16/9/2019), disebutkan pihak Bangladesh kini telah menerima keseluruhan armada fast patrol boat X-12. Sekilas tentang kapal patroli X-12, kapal ini punya panjang 11,7 meter, lebar 3,5 meter dan punya bobot penuh 10,2 ton.

Disokong dua mesin Volvo Penta engines dapat menghasilkan tenaga 320 kW pada 3.500 rpm. Sebagai sistem propulsinya adalah waterjet yang berasal dari ZF gearboxes. Untuk pasokan listrik dipercayakan pada dua generator diesel Cummins 6 Kw. Dalam sekali jalan, X-12 fast boat dapat membawa 765 liter bahan bakar.

Nah, bicara soal kecepatan, X-12 fast patrol boat dapat dibawa ngebut hingga kecepatan maksimum 35 knots (setara 64,8 km per jam). Kompartemennya disiapkan untuk tiga awak dan kapal patroli ini dapat membawa delapan pasukan bersenjata lengkap, tidak lupa tersedia toilet yang ditempatkan pada bagian depan.

Dalam paket yang diterima AL Bangladesh, X-12 sudah dibekali sistem navigasi terintegrasi, radar dan perangkat komunikasi. Bicara soal senjata, kapal patroli ini dilengkapi satu pucuk senapan mesin berat (SMB) 12,7 mm yang di atas anjungan dan dapat dikendalikan secara remote atau manual. Disediakan juga dudukan senapan mesin pada bagian buritan untuk pengoperasian secara manual.

Baca juga: X38 Combat Boat Kopaska – Dipercaya Untuk Evakuasi Darurat VVIP

Dengan desain lambung V modern, kapal patroli X-12 dapat melesat cepat ke laut lepas dengan stabil. Selain itu kapal ini juga digadang mampu beroperasi di perairan dangkal, bahkan untuk tugas pendaratan di pantai. (Gilang Perdana)

15 Comments