PT Len Industri Luncurkan LenStrad-M5, Radio Taktis Handheld Anti Jamming dan Anti Intercept

Sistem komunikasi personal pada prajurit merupakan tantangan tersendiri yang harus dipenuhi guna mewujudkan konsep future soldier. Bicara tentang hal tersebut, kebutuhan radio militer model genggam (handheld) tak bisa lagi dikesampingkan lagi, dari unit radio handheld yang kini sudah digunakan pada level regu misalnya, dipandang tak mencukup untuk mendukung kelengkapan prajurit yang secara kuantitas cukup besar.

Baca juga: PT Len Industri Luncurkan 2D Air Surveillance Radar

Berangkat dari misi untuk mewujudkan kemandirian perangkat elektronik pendukung alutsista, PT Len Industri (Persero) telah merilis beberapa tipe radio handheld dan manpack untuk kebutuhan pasukan TNI. Dan bersamaan dengan peluncuran 2D Air Surveillance Radar di Bandung, Rabu (31/10) turut diluncurkan produk radio militer handheld terbaru, yang diberi label LenStrad-M5.

Sebagai radio genggam yang dioperasikan perorangan, wujud LenStrad-M5 tak ubahnya radio HT biasa, meski ukurannya terbilang lebih panjang, dilengkapi display monitor dan antena yang cukup panjang untuk menjangkau coverage luas.

LenStrad persisnya adalah singkatan dari Len Software Tactical Radio, yang merupakan implementasi dari software defined radio yang digunakan untuk radio taktis. Sementara M5 adalah singkatan dari multiband dengan power maksimum 5 Watt. Radio taktis perorangan ini dapat menunjang komunikasi suara dan data, dan mampu diintegrasikan dengan Battlefield Management System (BMS).

Baca juga: Battlefield Management System CY-16H – Telah Terpasang di 120 Panser Anoa, MBT Leopard dan IFV Marder

Sebagai perangkat komunikasi militer, LenStrad-M5 sudah dibekali keamanan transmisi (transec) dan keamanan komunikasi (comsec). Radio ini berjalan pada frekuensi VUHF 30 Mhz sampai 512 Mhz. Dengan lebarnya rentang frekuensi pada radio ini, maka radio ini disebut sebagai radio multiband yang anti jamming dan anti intercept. Lebih teknis lagi, band frekuensi pada radio ini adalah VHF low band 30 – 108, GTA 118 – 137, VHF high band 140 – 300, dan UHF 300 – 512 Mhz.

Radio ini ditunjang dengan antena whip 38 cm dan 84 cm. Sebagai sumber tenaga adalah baterai isi ulang lithium ion 14.4 Volt. Preset channel yang dapat di setting mencapai 1300 channel. Dirancang digunakan pada medan berat, LenStrad-M5 sudah mengadopsi standar Mil-STD 810D. Tempratur operasi radio ada di rentang -40 sampai 60 derajat celcius. (Haryo Adjie)