Proses Cepat! Unit Perdana Rafale untuk Yunani Telah Diserahkan Perancis

(Foto: Istimewa)

Serasa bebas ribet, setelah kontrak akuisisi ditandatangani pada Januari 2021, maka belum lama ini diwartakan unit perdana jet tempur Dassault Rafale yang dipesan Yunani, ternyata sudah diserahkan oleh Perancis. Berdasarkan kesepatan kontrak pada Januari 2021, disepakati US$2,8 miliar (2,3 miliar euro) untuk akuisisi 18 unit Rafale untuk memperkuat Angkatan Udara Yunani.

Baca juga: Tanpa Basa-basi, Yunani Borong 18 Unit Rafale, 12 Diantaranya adalah Bekas Pakai

Dikutip dari greekreporter.com (21/7/2021), disebutkan Menteri Pertahanan Nikos Panagiotopoulos dan beberapa petinggi pertahanan Yunani berada di Perancis untuk menghadiri upacara serah terima penyerahan unit perdana Rafale di Pangkalan Udara Istres, Perancis Selatan.

Sesuai kontrak, Yunani akan menerima 18 unit jet tempur Rafale, 12 unit di antaranya berstatus bekas pakai (10 kursi tunggal dan 2 kursi tandem), serta 6 unit Rafale dalam kondisi baru. Enam unit Rafale perdana akan dikirim ke Yunani pada tahun 2021, sementara enam yang baru akan dikirimkan pada musim semi 2022. Kemudian enam unit Rafale bekas terakhir diharapkan akan dikirim ke Yunani pada awal 2023.

Seperti nampak dalam foto, unit Rafale pertama yang diserahkan ke Yunani adalah varian tandem seat (Rafale B), sejenis dengan yang pernah menyabangi Jakarta pada tahun 2018 silam.

Bayang-bayang konflik bersenjata dengan Turki menjadi permintaan khusus agar pesanan Rafale dapat dikirimkan secepat mungkin (tuntas dalam dua tahun). Kontrak dukungan logistik tambahan akan mendukung aktivitas Rafale Yunani selama empat setengah tahun.

Baca juga: Bersiap Hadapi Turki, Yunani Order AASM HAMMER, Bom Pintar Hybrid Andalan di Rafale dan Mirage-2000

Lepas dari kontrak 18 unit Rafale, Yunani juga telah menekan kontrak tambahan senilai 400 juta euro yang akan digunakan untuk membeli rudal Meteor beyond-visual-range air-to-air missiles (BVRAAM) dan untuk meng-upgrade rudal yang sudah ada di inventaris AU Yunani, seperti rudal Mica, rudal jelajah Scalp, dan rudal anti kapal Exocet. (Bayu Pamungkas)

12 Comments