Prajurit Resimen Kavaleri 2 Marinir Latihan Menembak dari Atas Ranpur

Setelah sebelumnya menggelar latihan drill kering (tanpa munisi) pada senapan mesin sedang (SMS) dan senapan mesin berat (SMB) di lapangan apel Trian Mar Soepraptono, kini prajurit Resimen Kavaleri 2 Marinir (Menkav 2 Mar) Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi (Yonranratfib) 2 melanjutkan tahapan latihan basah, yaitu latihan menembak sesungguhnya dengan peluru tajam, yang sebagian besar latihan menembak dilakukan di atas ranpur yang sedang melaju.

Baca juga: Jaga Tingkat Kesiapan Tempur, Yonranratfib 2 Marinir Lakukan Drill Senapan Mesin Berat dan Sedang

Resminya kegiatan ini disebut sebagai Latihan Satuan Dasar Aspek Darat pada Triwulan pertama (LSD I TW I) Tahun 2019 yang dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 29 April hingga 01 Mei 2019 di Pusat Latihan Tempur 3 (PLP 3) di wilayah Grati Pasuruan, Jawa Timur.

Kepada Indomiliter.com (30/4), Letkol Mar. Yosaft R. Haryadi dari Menkav 2 menyebutkan, bahwa dalam latihan ini alat tempur yang dilibatkan adalah 4 unit ranpur, komposisinya terdiri dari 2 unit Tank PT-76M, 1 unit ranpur  BTR 50 P/M dan 1 unit ranpur  BTR 50 PK serta melibatkan 87 personel latihan. Adanya tank PT-76 menyiratkan latihan ini juga melibatkan Batalyon Tank Amfibi (Tankfib) 2, hanya saja peran PT-76 disini sebatas digunakan untuk latihan menyetir, mengingat sistem penggerak antara tank PT-76 dan pansam BTR-50 relatif serupa.

Latihan menembak senapan mesin PKT di atas ranpur BTR-50PK.

Materi yang dilaksanakan dalam latihan kali ini meliputi menembak dengan senjata mesin sedang FN MAG GPMG 7,62 mm di atas ranpur BTR 50 P(M), menembak senjata PKT kaliber 7,62 mm di atas ranpur BTR 50 PK, serta menembak senapan mesin berat M2HB 12,7 dengan jarak 550 meter. Meski pada dasarnya senjata yang diuji cobakan juga menyandang peran senjata bantu infanteri, namun kelengkapan senjata yang dipasang pada ranpur termasuk tersedianya teropong malam, seperti yang nampak pada FN MAG di BTR-50 P(M).

Baca juga: BTR-50PK Korps Marinir – Masih ‘Orisinil’ dengan Performa Maksimal

Latihan ini diakhiri dengan mengemudikan keempat ranpur pada medan perbukitan dengan jarak 5 kilometer di sekitaran Puslatpur 3 Mar Grati Pasuruan. (HANS)

5 Comments