Seputar DSEI 2019Klik di Atas

PAR MK3: Senapan Serbu Multi Laras Multi Kaliber

Anda masih ingat senapan anti material NTW-20 yang digunakan pasukan elite Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir? Salah satu ke khasan senjata tersebut adalah mampu mengusung amunisi multi kaliber, dengan cara mengganti laras, maka proyektil yang diumbar senjata asal Afrika Selatan ini bisa berupa kaliber 20 mm NATO atau 14,5 mm (Rusia). Dengan semangat yang mirip-mirip, PAR MK3 senapan serbu lansiran Proarms Armory menawarkan multi calibre assault rifle.

Baca juga: Denel NTW-20 – Senapan Anti Material Taifib Korps Marinir TNI AL

Cukup dengan mengganti laras, senapan serbu yang mengacu pada standar senapan AR15 ini dapat mengadopsi amunisi kaliber 5,56 x 45 mm, 7,62 x 39 mm, 6,8 mm Rem SPC, 5,45 × 39 mm, dan 9 mm Luger. Untuk bongkar dan pasang senapan serbu produksi Ceko ini pun dapat dilakukan 100 persen tanpa membutuhkan tools khusus. Dengan receiver yang sama, laras dapat digonta ganti sesuai amunisi yang digunakan. Setiap penggantian kaliber amunisi, gunner cukup melakukan adjustable gas block (empat posisi).

Mengikuti pakem senapan serbu modern, setiap laras dilengkapi picatinny rail, baik diatas dan kiri kanan laras, menjadikan senapan serbu ini adaptif untuk dipasangi beragam aksesoris. Tentang aksesoris, PAR MK3 dipastikan compatible dengan semua aksesoris senapan AR15 dan karabin M4. Jika melihat desain receiver, maka kita akan langsung teringat pada model M16, terutama pada penutup lubang keluarnya selongsong.

Baca juga: H&K HK416 – Senapan Serbu dengan Akurasi Tinggi dan Kualitas ‘Sebandel’ AK-47

Senapan semi otomatis yang bekerja dengan sistem piston ini materialnya terbuat dari bahan high quality 7075T6 aluminum alloy. Untuk magasin, pihak manufaktur menyediakan pilihan dari konfigurasi 5/10/20 dan 30 peluru. Bobot standar PAR MK3 adalah 3,4 kg, namun bobot akan sangat bergantung pada jenis laras yang dipasang. Untuk kenyamanan saat penembakkan, PAR MK3 menggunakan popor telescopic dengan fixation, ada enam pengaturan posisi agar didapat sudut ergonomis bagi gunner. Sementara grip atau pegangan senapan ini ergonomic beaver tail dan pembidik mengusung Back-up, folding MBUS type.

Sampai saat ini PAR MK3 memang belum menjadi etalase senapan untuk satuan TNI, namun ada kabar bahwa senapan serbu berdesain modular ini akan di demonstrasikan di beberapa satuan TNI. (Gilang Perdana)

9 Comments