Pantau Lokasi Gempa di Mamuju, Boeing 737-200 Surveillance TNI AU Perlihatkan Video Beresolusi Tinggi

Boeing 737-200 Surveillance AI-7302 (Foto: Istimewa)

Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 telah mengguncang Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) lalu. Dan sebagai respon awal, TNI AU langsung mengerahkan pesawat intai Boeing 737-200 Surveillance AI-7302 dari Skadron Udara 5 yang bermarkas di Lanud Hasanuddin, Makassar. Selain membawa satu peleton Paskhas ke Mamuju, sebelumnya pesawat mendarat di Bandara Tampa Padang, Mamuju, dilakukan peninjauan kondisi area kota Mamuju lewat kamera pengintai.

Baca juga: Pesawat Intai Boeing 737-200 AI-7301 Dilibatkan dalam Operasi Tinombala

Dan seperti rekaman video yang diunggah akun Twitter TNI AU @_TNIAU pada 15 Januari 2021, diperlihatkan situasi Bandara Tampa Padang. Video yang diambil dari ketinggian 2.500 meter tersebut memperlihatkan kondisi bandara, terutama bagian menara ATC (Air Traffic Control). Seperti dilihat dari rekaman, visual video nampak cukup jelas, bahkan pada detik terakhir video diperlihatkan seperti moda thermal.

Bila pada umumnya kamera intai digunakan saat meronda di lautan, maka dalam misi SAR peran kamera pengintai nampak jelas dapat memberikan kontribusi yang besar lewat pemantauan udara. Boeing 737-200 Surveillance AI-7302 memang pesawat yang tergolong tua, lantaran didatangkan TNI AU pada awal dekade 80-an, meski begitu, fitur yang ada di pesawat ini telah mendapatkan sejumlah upgrade.

Bagi para pemerhati alutsista, tentu yang menjadi pertanyaan adalah jenis kamera intai yang digunakan untuk merekam video di atas. Meski belum dikonfirmasi, besar kemungkinan yang digunakan adalah kamera beresolusi tinggi WESCAM MX-20HD Electro Optical and Infrared (EO/IR).

WESCAM MX-20HD termasuk kategori multispectral sensor dengan gyro-stabilised, WESCAM MX-20HD dapat dimuati tujuh sampai delapan sensor yang bekerja secara simultan, termasuk infrared, HD thermal, HD daylight, CCDTV (Charge-Coupled Device Television), image intensifier, laser rangefinder dan laser illuminator.

WESCAM MX-20HD

Kamera MX-20HD merupakan sensor digital elektro-optik dengan high-definition. Kamera ini mampu untuk melakukan tugas intelijen, pengawasan dan pengintaian yang dilakukan oleh pesawat patroli maritim dengan jarak ketinggian yang cukup jauh (hingga 35.000 kaki/setara 10,6 km).

Kamera ini juga mampu untuk melakukan misi pengawasan yang dilakukan secara 24 jam terus-menerus dengan wide angle zoom. Untuk memindai suatu obyek di kejauhan pun tak perlu diragukan, laser rangefinder punya jarak efektif hingga 30 km dengan range resolution antara 2 – 5 meter.

Baca juga: WESCAM MX-20HD – Dongkrak Kemampuan Boeing 737 Patmar TNI AU ‘Setara’ Poseidon

Untuk unit perdana yang dipasang kamera WESCAM MX-20HD adalah pesawat dengan nomer AI-7303, baru kemudian menyusul pesawat dengan nomer AI-7301 dan AI-7302. WESCAM MX-20HD adalah L3 Communications dan jenis kamera seperti ini juga dipasang pada pesawat intai maritim tercanggih, Boeing P-8 Poseidon. (Gilang Perdana)

4 Comments