Operasi Anti Perompak, C-17 Globemaster India Terjunkan Pasukan Khusus dan Airdrop Perahu Karet Tempur di Laut Arab

Apa yang dilakukan pasukan Komando Marinir Angkatan Laut India (Marine Commandos/Marcos) nampak biasa dalam aksi pasukan khusus. Bahkan aksi serupa juga berulang kali dilakukan pasukan Taifib (Intai Amfibi) dan Kopaska (Komando Pasukan Katak) TNI AL. Namun, yang membedakan adalah kesempatan untuk melakukan aksi dalam suatu operasi tempur. Dan aksi tersebut dilakukan pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 di Laut Arab.

Baca juga: Kabul Has Fallen, C-17 Globemaster Cetak Rekor Angkut 800 Penumpang dalam Sekali Terbang

Aksi yang dimaksud adalah penerjunan pasukan khusus Marcos berikut pengiriman (airdrop) dua unit perahu karet tempur – Combat Rubberised Raiding Craft (CRRC) dengan menggunakan pesawat angkut berat C-17 Globemaster III. Dari akun X (Twitter) Indian Air Force, disebutkan Angkatan Udara dan Angkatan Laut India melakukan operasi gabungan untuk menyergap 35 perompak Somalia di Laut Arab.

Dirunut dari kejadiannya, MV Ruen, kapal kargo curah (bulk carrier) berbendera Malta, dibajak oleh perompak Somalia. Kapal perang Angkatan Laut India INS Kolkata, saat itu melakukan aksi pembebasan atas 17 awak MV Ruen dan memaksa menyerah 35 perompak setelah sebelumnya melakukan perlawanan.

Di saat yang sama, sebuah C-17 milik Angkatan Udara India yang terbang sejauh 2.600 km dengan durasi hampir 10 jam dari pesisir India, melakukan airdrop pasukan Marinir berikut CRRC tepat di sekitar MV Ruen.

Dalam postingan di platform media sosial X pada hari Minggu, IAF menggambarkan airdrop Combat Rubberised Raiding Craft (CRRC) dan pasukan komando Marcos sebagai “pertunjukan luar biasa dari kebersamaan dan integrasi” antara dua matra.

“Terbang selama hampir 10 jam ke area 2600 km dari lepas pantai India, Operasi ini dilakukan untuk menyelamatkan awak kapal pengangkut curah MV Ruen. Kapal tersebut dibajak oleh perompak Somalia di dekat pulau Socotra, Yaman,” kata pihak Angkatan Udara India.

Para perompak Somalia menyergap MV Ruen pada 14 Maret 2024, dan menembaki kapal Angkatan Laut India di perairan internasional pada hari Jumat. (Bayu Pamungkas)

Destroyer Kolkata Class AL India Luncurkan Rudal Anti Kapal Brahmos di Laut Arab

2 Comments