Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Nexter Type 15 Naval Gun – Jadi Senjata Andalan di KP Yudistira 8003

Nexter Type 15A

Berita peresmian kapal patrol Ditpolairud KP Yudistira 8003 membawa keingintahuan tersendiri bagi warganet pecinta alutsista. Selain sosok kapal yang disebut tercanggih dan terbesar yang dimiliki Polri saat ini, adanya sosok senjata yang terlihat ‘unik’ pada bagian haluan kapal, menjadi pertanyaan tersendiri, pasalnya desain casing pada receiver dan laras senjata tersebut belum pernah terlihat pada jenis kapal patroli di Tanah Air.

Baca juga: KP Yudistira 8003 – Kapal Patroli Lepas Pantai Polri dengan Fasilitas Helipad

Pada tulisan sebelumnya, kami menduga sebagai jenis senapan mesin berat (SMB) kaliber 12,7 mm, namun pembaca Indomiliter.com ada yang dapat menduga senjata yang dimaksud lebih persis ke kanon laras tunggal Nexter Type 15 Naval Gun. Meski belum dapat dikonfirmasi kebenarannya, foto yang ditampilkan di atas menguatkan dugaan tadi.

Nexter sendiri bukan nama yang asing dalam jagad alutsista di Indonesia, manufaktur persenjataan dari Perancis ini sudah memasok Howitzer LG-1 105 mm MKII kepada Korps Marinir TNI AL dan Self Propelled Howitzer CAESAR 155 mm kepada Armed Kostrad TNI AD.

Oleh Nexter, Type 15 disebut sebagai senjata yang diperuntukkan bagi kapal patroli ringan. Basis senjata yang digunakan adalah M621 kaliber 20 mm dengan bobot 167 kg. Bila benar senjata ini yang terpasang di KP Yudistira 8003, maka kanon ini dioperasikan masih secara manual (ultra-light manual mounts).

Foto: Iwan Hermawan

Dari spesifikasi yang diperoleh dari situs nexter-group.fr, diketahui kanon Type 15A ini dapat memuntahkan 800 peluru per menitnya, meski kapasitas magasinnya sendiri hanya 100 peluru. Nexter sejatinya merilis dua varian untuk kanon ini, yaitu Type 15A dan Type 15B. Letak perbedaanya adalah Type 15A mengusung kaliber munisi 20 x 102 mm, sementara Type 15B menggunakan kaliber munisi 20 x 139 mm. AL Lebanon adalah salah satu pengguna Type 15A.

Nexter Narwhal

Baca juga: Oerlikon 20mm/70 MK4 – Biar Lawas Tetap Jadi Andalan Satrol TNI AL

Selain varian kanon manual, Nexter juga merilis basis senjata M621 dalam varian remote control system, yang disebut sebagai Nexter Narwhal. Lewat situs resminya, Nexter menyebut Narwhal saat ini telah dipasang pada frigat FREMM Class AL Perancis dan AL Mesir, bahkan kapal induk helikopter Mistral Class juga mempercayakan Nexter Narwhal sebagaia salah satu elemen pertahanan kapal jarak pendek. (Haryo Adjie)

5 Comments