Nakidka Camouflage System – Penyerap Gelombang Radar dan Termal, Bikin Rudal Anti Tank Javelin ‘Mati Kutu’

Kurganmashzavod (Kurgan Machine Building Plant) belum lama ini mengirimkan batch tambahan sekitar 20 unit ranpur Infantry Fighting Vehicle (IFV) BMP-3 untuk angkatan bersenjata Rusia. Ketimbang pengiriman BMP-3 sebelumnya, batch BMP-3 yang dikirim kal ini dibekali proteksi tambahan yang telah dipasang pihak pabrikan, mencakup anti-cumulative grills, armored screens dan Nakidka kits.

Baca juga: Serba Canggih, Inilah Sederet Teknologi Proteksi Terbaru Ranpur Lapis Baja Rusia

Nah, yang disebut terakhir, yakni Nakidka kits adalah perangkat berupa terpal yang melindungi ranpur dari deteksi pencitraan termal oleh lawan. Nakidka adalah sistem kamuflase bahan penyerap radar, atau radar-absorbent material (RAM) camouflage system yang dikembangkan oleh Rusia untuk meningkatkan kemampuan siluman berbagai kendaraan militer, termasuk BMP-3 yang banyak dioperasikan di garis depan pertempuran.

Nakidka terdiri dari elemen bahan ini dirancang untuk mengurangi tanda radar pada kendaraan. Nakidka mampu menyerap dan menyebarkan gelombang radar, sehingga mengurangi radar cross-section (RCS) pada kendaraan. Hal ini mempersulit sistem radar musuh untuk mengidentifikasi dan melacak BMP-3, sehingga memberikan keuntungan taktis dalam situasi pertempuran.

Selain sifatnya yang menyerap radar, Nakidka juga memiliki kemampuan isolasi termal. Bahan ini dirancang untuk meminimalkan tanda panas pada kendaraan, yang notabene sangat penting untuk menghindari deteksi oleh sistem pencitraan termal. Pencitraan termal umumnya digunakan dalam peperangan modern untuk mendeteksi panas yang dipancarkan oleh mesin dan komponen lainnya.

Dengan mengurangi tanda panas, Nakidka mempersulit perangkat pencitraan termal lawan untuk membedakan BMP-3 dari lingkungan sekitarnya. Hal ini sangat penting selama operasi malam hari atau di lingkungan di mana pencitraan termal sangat diandalkan untuk pengintaian dan penargetan.

Kombinasi penyerapan radar dan isolasi termal yang disediakan oleh Nakidka meningkatkan kemampuan bertahan BMP-3 secara keseluruhan di medan perang. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk beroperasi secara lebih sembunyi-sembunyi, mengurangi kemungkinan menjadi sasaran pasukan musuh yang dilengkapi dengan teknologi deteksi canggih.

Selain digunakan pada BMP-3, sebelumnya Nakidka sudah lebih dulu digunakan pada beberapa Main Battle Tank (MBT) T-90M. Lapisan kamuflase ini secara teoritis menyelubungi T-90M dari radar udara NATO, yang melacak kendaraan Rusia dari jarak jauh. Nakidka diklaim mampu menghalangi penggunaan rudal anti tank yang mengandalkan pencitraan termal untuk mengunci target.

Nakidka disebut juga Stealth Technology System (STS) yang diproduksi Scientific Research Institute of Stee (NII Stali), bagian dari Kalashnikov Group, mulai mengembangkan teknologi kamuflase ini pada tahun 1990-an. Nakidka adalah struktur berlapis-lapis setebal 8-10 mm dengan bahan isolasi termal sintetis khusus. Lapisan internal RAM menangkap radiasi dalam rentang spektral tertentu, sedangkan lapisan luar RAM melindungi seluruh bagian. Selain itu, Nakidka dapat dicat dengan enamel khusus dan dilengkapi dengan berbagai elemen kamuflase. Bahan tersebut membantu suhu permukaan luar kendaraan sesuai dengan suhu udara di sekitarnya.

Nakidka disebut dapat mengurangi jarak deteksi maksimum radar udara pada pesawat intai Boeing E-8 Joint STARS yang dapat membedakan antara kendaraan beroda dan kendaraan beroda berdasarkan karakteristik Doppler sekunder, yakni dari 180 kilometer menjadi 30 hingga 40 kilometer.

Tampil Ergonomis dan Lebih Ringan, Rudal Anti Tank FGM-148 Javelin Dilengkapi Light Weight Command Launch Unit

Seperti dikutip frontierindia.com, rudal anti tank FGM-148 Javelin buatan AS adalah sistem pertama yang terpengaruh oleh pengenalan kamuflase termal ini. Tanda termal dari tank berbalut Nakidka, yang digunakan oleh komputer di dalam Javelin untuk memantau dan menargetkan, telah berkurang enam kali lipat, menurut temuan analis asing yang mempelajari karakteristik tank tersebut. Sederhananya, tank dengan kamuflase seperti itu sulit untuk dideteksi dan ditargetkan dengan penglihatan inframerah; di mana tidak ada perolehan target, sehingga tidak ada tembakan yang dilepaskan secara akurat.

Struktur padat Nakidka terbuat dari bahan khusus yang sepenuhnya menetralkan empat saluran panduan rudal, yakni emisi termal, pancaran radio-termal, pantulan radar, dan persepsi target inframerah berkurang beberapa kali lipat. Akibatnya, tidak hanya penembakan tank pada malam hari yang terhambat, tetapi juga penargetan pada siang hari. (Gilang Perdana)

Ukraina Dapatkan T-90M dalam Kondisi Utuh, Inilah MBT Rusia yang Paling Diburu

2 Comments