Murah Tapi Mematikan, Ukraina Rancang Drone Kamikaze ala “MacGyver”

Bila Anda ingat MacGyver, tokoh serial aksi petualangan di era 90-an, maka segala jenis barang atau perabotan dapat ‘disulap’ menjadi sesuatu yang berguna, terutama dalam kondisi terdesak. Selain kreativitas tingkat dewa, MacGyver dalam aksinya identik dengan pisau lipat Swiss Army. Nah, rupanya kreativitas ala MacGyver telap ditrapkan oleh Ukraina dalam berperang dengan Rusia.

Baca juga: Temuan Baru, Rusia Gunakan Drone FPV (First Person View) dengan Kendali via Kabel Serat Optik

Seperti dikutip Defense Express, belum lama ini diketahui kemampuan dan efektivitasnya, pihak Ukraina telah menciptakan jenis drone kamikaze fixed wing yang terbuang dari pipa air, kayu lapis dan botol plastik. Meski berlawanan dengan intuisi, drone yang terbuat dari bahan-bahan tersebut adalah solusi terbaik.

Masih dari sumber yang sama, pasukan Rusia di Ukraina diklaim menderita kerugian atas serangan drone kamikaze ala MacGyver ini. Drone baru ini unik dalam kesederhanaannya yang hampir primitif, semua bahan yang digunakan dalam perakitan dibuat seadanya dan, yang terpenting, dapat diakses dan didapatkan dengan sangat murah.

Dalam foto yang diunggah seorang tentara Rusia di media sosial, terlihat salah satunya drone MacGyver berukuran cukup besar yang dirangkai dari papan triplek, sepertinya dilapisi dengan polietilen padat, tangki bahan bakarnya terbuat dari botol air berkapasitas 5 liter, ekornya adalah pipa air, dan avionik ditempatkan di dalam kotak kayu lapis.

Tampaknya tidak ada yang perlu dibanggakan di sini karena jelas tidak memenuhi standar apa pun. Namun, seperti inilah seharusnya drone kamikaze yang ideal. Katakanlah sekali lagi: inti dari drone semacam itu adalah untuk melakukan satu kali penerbangan dalam “masa hidupnya”, yang seharusnya berakhir dengan menabrak sasarannya.

Terlebih lagi, jika desain ini tidak memerlukan peralatan mesin berpresisi tinggi dan pekerja berketerampilan tinggi untuk membuatnya, menjadikan opsi berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan drone kamikaze MacGyver menjadi lebih baik lagi.

Nama drone ini tidak diketahui tetapi memiliki satu ciri khas — stiker dengan salah satu karakter dari serial animasi The Simpsons.

Militer Rusia mencatat bahwa kamera terpasang di bagian bawah drone. Dengan kata lain, ini adalah amunisi berkeliaran klasik yang dapat dikontrol secara manual pada fase akhir serangan, sehingga tidak hanya dapat mengenai target yang tidak bergerak.

Pada saat yang sama, banyak rincian yang masih belum ditentukan, seperti ukuran hulu ledak atau jangkauan penerbangan. Mengingat ukuran tangki bahan bakar, dapat diasumsikan bahwa drone ini dirancang untuk menyerang sasaran yang terletak sekitar dua puluh kilometer atau lebih dari titik peluncurannya. (Gilang Perdana)

Rusia Kini Punya ‘MM-1’ – Drone Kamikaze dari Bahan Plastik Busa Konvensional, Diklaim Tidak Terdeteksi Sistem Peperangan Radio Elektronik

One Comment