Mungkinkah Korvet Fatahillah Class Dipasangi Kanon Reaksi Cepat dan Rudal Hanud?

Komitmen pemerintah untuk mengoptimalkan kemampuan korvet Fatahillah Class telah dibuktikan, seperti upgrade sistem sensor dan radar Terma di KRI Fatahillah 361 dan program mid-life modernization (MLM) di korvet KRI Malahayati 362. Namun sayang, sistem senjata di korvet Fatahillah Class belum mendapat jatah modernisasi. Selain rudal anti kapal yang tidak dipasangkan (lagi) di korvet buatan Belanda tersebut, netizen bertanya bagaimana dengan sistem hanud modern di korvet berbobot 1.450 ton tersebut.

Baca juga: Inilah Alasan Korvet Fatahillah Class Belum Dipasangi Rudal Anti Kapal (Lagi)

Dari komentar pembaca pada tautan artikel  di atas, beberapa berharap agar korvet Fatahillah Class dapat dipasangi sistem pertahanan udara (hanud) yang memadai. Pemasangan rudal hanud SHORAD (Short Range Air Defence) dan kanon reaksi cepat CIWS (Close In Weapon System) menjadi harapan yang mengemuka agar korvet pernah jadi flagship TNI AL ini kembali punya taji.

Sumber Indomiliter.com di lingkungan TNI AL yang memahami korvet ini menyebut, bahwa upaya melengkapi sistem hanud di korvet Fatahillah telah dipikirkan sejak lama, namun ternyata tidak mudah mewujudkannya. Ada beberapa alasan yang menjadikan sistem hanud rudal dan kanon modern sulit untuk diadopsi di korvet Fatahillah Class.

Seperti dari aspek desain kapal, faktanya tidak ada ruang lagi untuk pemasangan sisten hanud yang dimaksud di atas. Secara faktual jika dicermati memang nyaris tak ada sudut yang cukup untuk meletakkan kanon (misalnya). Seandainya memang akan ditempatkan kanon hanud baru, besar kemungkinan  harus melepas dudukan kanon Bofors 40 mm yang ada di bagian buritan.

Begitu juga dengan pemasanga rudal hanud, untuk pemasangan peluncur Simbad untuk rudal Mistral pun tak ada ruang yang ‘lega.’ Lepas dari itu, sistem radar intai udara dan permukaan di Fatahillah Class mengacu ke radar dua dimensi, yang kurang optimal untuk mendukung peran rudal hanud.

Baca juga: Ini Dia! 6 Perangkat Canggih Yang Ditanam di KRI Malahayati 362 dalam Proyek MLM

Selama ini netizen berhapan agar korvet Fatahillah Class dapat dipasangi kanon reaksi cepat dan rudal hanud, mengingat tingkat kesiapan operasi kapal pernag ini masih cukup tinggi dan selalu diandalkan TNI AL dalam beragam operasi. (Haryo Adjie)

31 Comments