Mengenal Inkas Sentry APC, Rantis Koopssus TNI yang Show of Force di Depan Markas FPI Petamburan

Tangkapan Layar Twitter @medisal24jam

Belum lama ini viral tentang kendaraan taktis (rantis) lapis baja milik Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI yang tengah berpatroli dan bahkan sempat berhenti sejenak di depan markas Front Pembela Islam (FPI) di Jl. KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat. Lepas dari kontroversi yang mengemuka, namun yang yang menjadi pertanyaan netizen, jenis rantis apakah yang sempat bikin geger tersebut?

Baca juga: Pindad Maung 4ร—4 โ€“ Andalkan Mesin Toyota Hilux, Inilah Rantis untuk Komandan Batalyon

Salah satu media online papan atas nasional menyebutnya sebagai Maung buatan PT Pindad. Tapi nyatanya setelah dilihat secara seksama pada desain kendaraan, plus secara jelas terlihat merek kendaraan di bagian depan, maka dipastikan itu bukanlah Maung. Persisnya rantis lapis baja yang viral itu adalah buatan Inkas, dari tipe Sentry APC (Armored Personel Carrier).

Merujuk pada situsnya inkasarmored.com, disebutkan rantis produksi Kanada itu sudah mengadopsi kemudi di kanan dan dibangun dari sasis Ford heavy-duty. Beberapa fitur yang ada di rantis tersebut mencakup advanced door locking systems, gun ports, escape hatches, dan roof mounted turret. Sebagai kendaraan dengan kemampuan offroad, Inkas Sentry dibekali winch yang punya kapasitas 8 ton.

(inkasarmored.com)
(inkasarmored.com)

Dengan desain modular, beberapa perangkat tambahan dengan mudah dipasang, seperti sirens/PA systems, emergency lights, 360o cameras, bahkan dimungkinkan untuk memperkuat lapisan armor untuk meningkatkan ketahaan balistik.

Nah, bicara soal proteksi, Inkas menyebut rantis ini punya ketahanan di level BR6, yang artinya lapisan bodi kendaraan sanggup menahan terjangan proyektil dari kaliber 7,62 mm atau efek dari hentakan dua granat tangan.

(inkasarmored.com)
(inkasarmored.com)

Merujuk ke spesifikasi, rantis yang dapat membawa delapan personel ini ditenagai mesin diesel V8 6.7L yang menghasilkan tenaga 362 hp pada RPM4750. Kapasitas tangki bahan bakar sendiri dipatok 151 liter yang memungkinkan perjalanan jauh dapat dilakukan.

(inkasarmored.com)

Baca juga: Tugasanda Turangga 4ร—4 – Rantis Lapis Baja Kreasi Perusahaan Karoseri Nasional

Dari dimensi, Inkas Sentry APC punya panjang 5,96 meter, lebar 2,51 meter dan tinggi 2,48 meter, serta wheelbase 3,5 meter. Rantis ini dapat dipersenjatai dengan senapan mesin sedang atau senapan mesin berat pada kubah putarnya. Namun, seperti terlihat dari video yang viral, saat berpatroli di Petamburan, rantis ini tidak dipasangi senjata. Selain versi militer, Inkas kabarnya juga memproduksi Sentry dalam varian sipil. (Gilang Perdana)

19 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *