Seputar DSEI 2019Klik di Atas

[MAKS 2019] Di Depan Kokpit Sukhoi Su-57, Erdogan dan Putin Tampilkan Keakraban

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kini dipastikan menjadi pemimpin negara asing pertama yang mendapat kesempatan melihat langsung kokpit jet tempur siluman Sukhoi Su-57. Didampingi Presiden Rusia Vladimir Putin saat mengunjungi Pameran Dirgantara MAKS 2019 di Moskow (29/), Erdogan menyiratkan ketertarikannya untuk mengakuisisi Su-57, menggantikan harapan sebelumnya yang ‘kandas’ untuk bisa memiliki jet tempur siluman F-35 Lightning II.

Baca juga: Di MAKS 2019, Untuk Pertama Kali Sukhoi Su-57E (Varian Ekspor) Akan Tampil di Hadapan Publik

Pada Juli lalu, Amerika Serikat telah mengumumkan bahwa mereka menangguhkan penjualan jet tempur F-35 kepada Turki sebagai pembalasan atas pembelian sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia. Washington juga akan mencoret Ankara secara penuh dari program pengembangan F-35 pada akhir Maret 2020.

Meski tak menyatakan langsung akan membeli Su-57 dalam waktu dekat, saat ditanya reporter CNN Turk, Erdoga menyebut kemungkinan pembelian pesawat tempur ini ada, “dan kami hadir di pameran ini tentu tidak ingin sia-sia,” ujar Erdogan. Sementara Rusia sendiri memang menawarkan Sukhoi Su-57E (varian ekspor) kepada Turki. Seperti yang diperlihatkan kepada Erdogan di MAKS 2019, adalah sosok Su-57E yang dibalut livery pixel abu-abu.

Baca juga: [MAKS 2019] Sebuah Sukhoi Su-57 Mendarat dengan Teknik Tak Lazim

Selama di MAKS 2019, Putin dan Erdogan berkeliling menyambangi beberapa produk dirgantara terbaru keluaran Rusia, diantaranya Mi-38 medium-lift helicopter dan Ka-62 light transport helicopter serta pesawat angkut jet Irkut MC-21.

18 Comments