Korvet Israel Sa’ar 6 Class Nyaris Disengat Drone Kamikaze Saat Sandar di Pelabuhan Eilat

Eilat kota pelabuhan di selatan Israel pada Senin pagi menghadapi serangan udara yang menargetkan pangkalan militer tempat korvet Sa’ar 6-class Angkatan Laut Israel tengah sandar di pelabuhan. Rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa sebuah drone kamikaze nyaris atau mungkin telah mengenai korvet tersebut dan kemudian jatub didekatnya.

Baca juga: Antisipasi Serangan Iran, Israel Pasang Sistem Hanud Iron Dome di Deck Kapal Perang

Sejauh ini belum ada informasi mengenai kerusakan pada korvet yang diserang drone kamikaze tersebut. Militer Israel mengeluarkan pernyataan yang menunjukkan bahwa drone yang berasal dari timur Israel menghantam sebuah bangunan di Eilat. Namun pernyataan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai drone tersebut atau sumbernya. Meskipun sirene berbunyi di kota, tidak ada intersepsi yang dilakukan oleh pertahanan udara.

Kelompok bersenjata yang didukung Iran di Irak telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Eilat berulang kali mendapat serangan rudal dan drone dari Houthi di Yaman selama perang Israel versu Hamas yang hampir berlangsung selama enam bulan.

Korvet Sa’ar 6 class adalah kelas kapal perang yang dibangun untuk Angkatan Laut Israel. Korvet ini merupakan kapal perang yang dilengkapi dengan sistem pertahanan udara canggih dan berbagai senjata lainnya untuk mendukung operasi maritim. Korvet ini dibangun oleh Israel Shipyards. Mereka didasarkan pada desain kapal perang Jerman, tetapi dilengkapi dengan sistem senjata dan peralatan elektronik Israel.

Korvet Sa’ar 6 class memiliki panjang sekitar 90 meter dan berat sekitar 2.000 ton. Korvet Sa’ar 6 class dilengkapi dengan berbagai jenis senjata yang dapat digunakan untuk berbagai misi maritim. Persenjataan utamanya meliputi rudal Gabriel V atau LRASM (Long Range Anti-Ship Missile) yang dapat digunakan untuk serangan ke target permukaan yang jauh. Kemudian ada rudal hanud Barak-8 atau SM-2 (Standard Missile-2) untuk hanud jarak jauh. Sa’ar 6 class juga dapat dibekali rudal jelajah anti kapal Harpoon. Hingga saat ini, terdapat lima kapal korvet kelas Sa’ar 6 yang telah diproduksi untuk Angkatan Laut Israel.

Eksperimen Baru AL Israel, Pasang Dua Perangkat ‘Misterius’ di Kapal Cepat Rudal

Tentang kota pelabuhan Eilat, adalah salah satu basis pangkalan Angkatan Laut Israel. Kota ini terletak di ujung selatan Israel, di pantai Laut Merah, dan berfungsi sebagai basis penting bagi operasi Angkatan Laut Israel di wilayah tersebut.

Eilat strategis karena letaknya yang dekat dengan perairan internasional dan memberikan akses ke Selat Tiran, yang merupakan jalur maritim penting antara Teluk Aqaba dan Laut Merah. Basis pangkalan Angkatan Laut Israel di Eilat mendukung berbagai operasi laut, termasuk patroli, pengawasan, dan perlindungan terhadap perairan Israel di Laut Merah. (Gilang Perdana)

Angkatan Laut Israel Resmi Operasikan C-Dome, Sistem Hanud Iron Dome di Kapal Perang