Kontrak Pengadaan Dua Unit Kapal Selam Scorpene Evolved Full LiB Telah Berjalan, Siap Dibangun PT PAL Indonesia

Ini bukan April mop, Naval Group dan PT PAL Indonesia telah menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan Indonesia untuk pembangunan dua unit kapal selam Scorpène Evolved Full LiB yang akan dibangun di Indonesia. Persisnya pada tanggal 28 Maret 2024, Indonesia memilih Naval Group dan PT PAL untuk memperkuat kemampuan TNI AL dengan dua kapal selam baterai Lithium-Ion (LiB) Scorpène Evolved yang akan dibangun di galangan kapal PT PAL, melalui transfer teknologi.

Baca juga: Naval Group Tawarkan ‘Scorpene Evolved’ ke TNI AL, Kapal Selam dengan Teknologi Full Lithium-Ion Batteries

Sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang ditandatangani antara pemerintah Perancis dan Indonesia pada Agustus 2021, pihak berwenang Indonesia telah memilih Naval Group dan PT PAL Indonesia untuk program kapal selam mereka. Kedua perusahaan telah bekerja sama melalui Perjanjian Kemitraan Strategis (SPA) yang ditandatangani pada Februari 2022.

Kontrak tersebut mencakup pengiriman dua kapal selam Scorpène Evolved Full LiB yang akan dibangun di Indonesia di dalam galangan kapal PT PAL, melibatkan transfer pengetahuan dan teknologi dari Naval Group, dan pemanfaatan 100% aset produksi PT PAL.

“Naval Group merasa sangat terhormat bisa menjadi bagian dari babak baru aliansi strategis antara Indonesia dan Perancis. Dengan Scorpène® Evolved Full LiB, Indonesia telah memilih kapal selam berperforma tinggi yang telah teruji di laut yang akan memperkuat kedaulatan maritim negara dan mendukung TNI Angkatan Laut dalam mencapai keunggulan regional di laut. Selain kapal selam, kemitraan strategis kami dengan PT PAL juga akan mendukung industri pertahanan Indonesia untuk secara aktif mempersiapkan masa depan peperangan laut di tanah air. Kami sangat senang menyambut TNI AL dalam keluarga Scorpène”, Pierre Éric Pommellet, Ketua dan CEO Naval Group.

Naval Group dan PT PAL mempunyai niat kuat untuk menjalin kerja sama tidak hanya di bidang kapal selam, tetapi juga dalam membangun kedaulatan Indonesia untuk kepentingan industri pertahanan Indonesia.

Scorpène Evolved adalah kapal selam modern, berperforma tinggi, dan tersembunyi. Kuat dan tahan lama, ini adalah kapal selam samudera yang juga dirancang untuk operasi perairan dangkal. Multiguna, kapal ini memenuhi seluruh cakupan misi seperti peperangan anti-permukaan dan anti-kapal selam, operasi khusus, dan pengumpulan intelijen.

Sangat tersembunyi dan cepat, Scorpone Evolded memiliki tingkat otomatisasi pengoperasian yang memungkinkan jumlah awak terbatas, sehingga mengurangi biaya pengoperasian secara signifikan. Keunggulan tempurnya menonjol karena ia memiliki 6 tabung peluncur torpedo, yang dalam sekali berlayar dapat membawa 18 torpedo atau rudal anti kapal.

Scorpène Evolved dilengkapi dengan sistem tempur generasi terbaru, SUBTICS yang mengatasi tantangan yang semakin besar dalam misi kapal selam modern di perairan biru dan dangkal di seluruh domain peperangan kapal selam.

Kapal selam Scorpène Indonesia akan dilengkapi dengan sistem energi mutakhir berdasarkan konfigurasi lithium-ion penuh yang mencakup standar keamanan dan keselamatan tertinggi dan memungkinkan jangkauan energi yang lebih berguna, tingkat kehati-hatian yang lebih baik, dan waktu pengisian yang lebih singkat. Berkat teknologi ini, kecepatan tinggi tersedia terlepas dari status muatannya, sehingga meningkatkan mobilitas taktis kapal selam.

Serba Canggih, Inilah Beragam Sonar yang Melengkapi Kapal Selam Scorpene Class

Karakteristik utama Scorpène Evolved:
• Perpindahan permukaan: 1.600 – 2.000 ton
• Panjang keseluruhan: 72 m
• Kecepatan terendam: >20 knot
• Kedalaman penyelaman: >300 m
• Otonomi: >78 hari dalam misi 80 hari
• Otonomi terendam: >12 hari
• Kru: 31
• Total muatan senjata: 18
• Tabung senjata: 6
• Sistem manajemen tempur SUBTICS
• Ketersediaan operasional di laut: >240 hari per tahun

21 Comments