Kolaborasi dengan Museum Tank, Perusahaan Inggris Produksi Komponen Suku Cadang untuk Ranpur Ukraina yang Berstandar Soviet

Meski militer Ukraina telah dipasok dengan banyak kendaraan tempur (ranpur) dari negara-negara NATO, namun tetap saja, mayoritas ranpur yang digunakan Ukraina berasal dari era Soviet. Dan saat menghadapi perang yang berlarut, maka ketersediaan dan pasokan suku cadang bisa menjadi mimpi buruk, maklum saat ini tak banyak perusahaan Ukraina yang dapat memproduksi suku cadang ranpur berstandar Soviet. Nah, rupanya ada terobosan yang dilakukan perusahaan asal Inggris.

Baca juga: Impor Suku Cadang Seret, Brasil Berencana Produksi Secara Lokal Suku Cadang MBT Leopard 1A5

Adalah Cook Defence Systems Limited, perusahaan yang berdiri tahun 1976 dan bergerak dalam industri sistem pertahanan dan kendaraan militer, mempunyai inisiatif untuk mendukung militer Ukraina dengan cara yang berbeda dari donatur Ukraina pada umumnya.

Cook Defence memulai produksi komponen tambahan berupa suku cadang untuk ranpur era Soviet seperti MTLB, BMP, dan Main Battle Tank (MBT) T-72. Apa yang diproduksi bukan suku cadang berteknologi tinggi, melainkan yang diproduksi Cook Defence adalah komponen rantai baja (track) dan drive sprocket. Kabar tersebut disampaikan oleh akun X (d/h Twitter) @TheDeadDistrict.

Inisiator produksi suku cadang adalah Kementerian Pertahanan Inggris yang mengajukan permohonan mendesak ke Cook Defence, dengan meminta bantuan pihak lain, yakni musem tank di Inggris (The Tank Museum).

Proses dari produksi komponen suku cadang ini adalah, Cook Defece menggunakan sketsa era Soviet yang tidak lengkap dan contoh rantai ranpur dari Ukraina, kemudian pemeriksaan kendaraan, instruksi manual, dan sampel rantai yang dipinjam dari Museum Tank. Hasilnya, mereka berhasil merekayasa balik trek dan menggerakkan sproket untuk ranpur MTLB, BMP, dan MBT T-72.

Mengomentari kontribusi mereka, David Willey, kurator Museum Tank, mengungkapkan kepuasannya. Dia berkata, “Koleksi Museum Tank digunakan dalam berbagai cara. Kami bertujuan untuk membantu rekan-rekan dan sekutu industri kami kapan pun kami bisa, dan mengetahui bahwa trek yang diproduksi ulang digunakan di lapangan di Ukraina memberi kami kepuasan yang besar.”

Dikutip BulgarianMilitary,com, proyek rekayasa komponen ini bukannya tanpa tantangan. Upaya utama berkisar pada pembuatan paduan baja baru yang sesuai dengan standar asli Rusia dan mengkonfigurasi ulang komponen yang ditempa dan dilas menjadi cetakan yang sesuai dengan protokol manufaktur baru.

Tahapan produksi
Produksi track (rantai) dan drive sprocket untuk kendaraan tempur roda rantai, termasuk MBT T-72 adalah proses kompleks yang dilakukan secara bertahap. Tahap awal adalah mendesain, ini adalah saat para insinyur menggunakan aplikasi computer-aided design (CAD) untuk menghasilkan cetak biru rinci dari track dan sprocket.

Desain yang mereka buat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kendaraan—dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti bobot, kecepatan, dan kemampuan beradaptasi terhadap medan.

Salah satu MBT T-72B milik Maroko yang telah di-upgrade oleh Excalibur Army (Picture source Twitter account The Dead District)

Setelah desain selesai, tahap selanjutnya adalah pembuatan prototipe. Pada tahap ini, model fisik track atau sproket dibuat, seringkali menggunakan 3D printing atau permesinan CNC. Prototipe ini kemudian menjalani pengujian untuk memverifikasi kesesuaian, fungsionalitas, dan daya tahan. Berdasarkan pengujian ini, modifikasi apa pun yang diperlukan dilakukan pada desain.

Setelah desain sudah final, saatnya tahap produksi. Proses produksinya menggunakan material berkualitas tinggi, seperti baja atau aluminium. Bahan-bahan ini dipotong, dibentuk, dan disambung dengan hati-hati untuk membentuk track dan drive sprocket. Teknik yang umum digunakan dalam proses ini antara lain penempaan, pengecoran, dan permesinan.

Setelah bagian-bagian tersebut dirakit, bagian-bagian tersebut melalui proses perlakuan panas (heat treatment) untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahannya. Hal ini diikuti dengan finishing permukaan—seperti pengecatan, pelapisan, atau pelapisan—untuk melindungi komponen dari ancaman korosi dan keausan.

Ajaib! Paraguay Masih Operasikan Tank Zaman Perang Dunia Kedua – M3 Stuart dan M4 Sherman

Bagian terakhir dari proses produksi adalah pengendalian kualitas. Pada tahap ini, serangkaian inspeksi dan pengujian yang ketat dilakukan untuk memastikan bahwa track dan sproket memenuhi semua spesifikasi dan standar yang disyaratkan. Setiap bagian yang gagal akan diperbaiki atau dibuang.

Selain track, drive sprocket penggerak juga terbuat dari baja, yang menunjukkan ketahanan dan kemampuannya menahan tekanan tingkat tinggi yang terkait dengan pengoperasian tangki. Gigi sproket dibentuk khusus agar sesuai dengan lubang track, sehingga menjamin transfer daya yang aman dan efisien. (Bayu Pamungkas)