Ketar-ketir Terimbas Perang, Belanda Pesan Sembilan Unit “DITA” untuk Ukraina

(Excalibur Army)

Lantaran ketar-ketir terkena imbas perang, maka Belanda yang ‘lemah’ pada aspek kekuatan darat, secara langsung berkepentingan untuk mendukung dan mempersenjatai militer Ukraina dengan alutsista canggih. Salah satu yang dilakukan Negeri Kincir Angin adalah dengan membeli self propelled howitzer produksi Republik Ceko, yakni DITA, yang nantinya akan dipasok untuk kebutuhan Ukraina.

Baca juga: Genjot Kemampuan Artileri Medan, Belanda Datangkan Self Propelled PULS dari Elbit Systems Israel

Militarnyi melaporkan bahwa Kementerian Pertahanan Belanda baru-baru ini memesan sembilan unit self propelled howitzer beroda DITA untuk Ukraina.Howitzer self-propelled DITA mewakili sistem pendukung tembakan mutakhir yang mampu menyerang target pada jarak puluhan kilometer. Akuisisi ini merupakan bagian dari pesanan Belanda yang lebih besar untuk Ukraina, yang dipenuhi oleh dua pabrikan di Republik Ceko.

DITA adalah jenis self propelled howitzer modern dengan munisi 155 mm berstandar NATO. Diproduksi oleh Excalibur Army, DITA hadir sebagai varian terbaru di kelas self propelled howitzer, dimana sebelumnya sudah ada arsenal sejenis di kaliber 122 mm dan 152 mm.

Leopard 2A8IT (Italia) – Sub Varian Terbaru MBT Leopard 2A8 dengan Turret dari Leonardo

Excalibur Army menyebut howitzer swa gerak ini punya perlindugan yang lebih tinggi dengan menggabungkan daya tembak serta mobilitas kendaraan lapis baja beroda berbasis truk Tatra. Howitzer 155 mm DITA diklaim punya deployment yang lebih cepat, serta mampu meninggalkan posisi menembak lebih cepat dari varian sebelumnya.

Soal akurasi juga disebut mendapat peningkatan, plus kendaraan yang battle proven dalam meladeni medan berat. DITA disebut-sebut dibangun dari platform howitzer DANA yang dilengkapi dengan Onboard Control System yang berisi diagnostik subsistem, navigasi, bidikan senjata otomatis, perhitungan otonom elemen penembakan, dan subsistem pemilihan amunisi.

DITA hanya membutuhkan kehadiran dua personel, dimana untuk reload dilakukan secara otomatis.DITA dipersiapkan untuk menembakan amunisi yang bisa menarget sasaran sejauh 39 km dengan base bleed projectiles dan amunisi dengan high-precision yang bisa menjangkau sasaran sejauh 50 km. (Gilang Perdana)

Excalibur Army Perkenalkan “DITA” – Self Propelled Howitzer Terbaru di Kaliber 155mm

One Comment