Kapal Selam Latih AL Jepang Oyashio Class Tabrakan dengan Kapal Nelayan

Serupa tapi tidak sama dengan insiden yang terjadi dengan kapal selam Soryu Class pada 8 Februari 2021, pada 10 Maret lalu, dilaporkan sebuah kapal selam Oyashio Class milik Angkatan Laut Jepang mengalami insiden tabrakan dengan kapal di atas permukaan. Bila Soryu Class dahulu bertabrakan dengan kapal tanker Cina berbendera Hong Kong, sedangkan Oyashio Class bertabrakan dengan sebuah kapal nelayan.

Baca juga: Tabrakan dengan Kapal Tanker, Kapal Selam Soryu Class Mengalami Kerusakan Pada Menara

Dikutip dari Janes.com (16/3/2022), disebutkan insiden tersebut terjadi di perairan Kobe. Tabrakan itu melibatkan kapal kelas JS Oyashio (TSS-3608) dan kapal penangkap ikan ukuran 11 meter yang dikenal sebagai Sumiyoshi Maru. Tabrakan terjadi sekitar pukul 06.20 waktu setempat di jalur perairan yang relatif sibuk yang dikenal sebagai Lintasan Kobe Nishi.

Bila pada insiden tabrakan Soryu Class mengakibatkan kerusakan berat pada bagian menara, maka pada insiden yang menimpa JS Oyashio, pihak Angkatan Laut Jepang tidak menyampaikan informasi terkait ada atau tidaknya kerusakan. Saat kejadian, kapal selam diesel listrik itu disebut tengah berlayar di permukaan, titik tabrakan terletak sekitar 1 mil tenggara Wada Misaki.

JS Oyashio adalah kapal pertama dari Oyashio Class yang jumlahnya ada 11 unit. JS Oyashio mulai dibangun pada 26 Januari 1994 dan diluncurkan dari galangan Kawasaki Shipbuilding Corporation pada 15 Oktoner 1996. Kapal selam dengan bobot di permukaan 2.750 ton dan bobot saat menyelam 4.000 ton ini, resmi menjadi arsenal AL Jepang pada 16 Maret 1998.

Mengingat AL Jepang telah mengoperasikan Soryu Class, maka dua dari 11 unit Oyashio Class dikonversi sebagai kapal selam latih, dalam hal ini termasuk JS Oyashio yang resmi menjadi kapal selam latih pada 6 Maret 2015.

Asasinya JS Oyashio adalah jenis attack submarine yang dilengkapi enam tabung peluncur torpedo HU-605 kaliber 533 mm. Dalam sekali berlayar, kapal selam ini dapat membawa 20 torpedo Type 89 dan/atau rudal anti kapal UGM-84 Harpoon.

Baca juga: Angkatan Laut Jepang Terima Kapal Selam Soryu Class ke-12 (Terakhir)

JS Oyashio ditenagai mesin diesel 2x Kawasaki 12V25S, 2x Kawasaki alternator dan 2x Toshiba motor. Kecepatan saat di permukaan 12 knots, sedangkan kecepatan saat menyelam 20 knots. Kapal selam dengan 70 personel ini punya panjang 81,7 meter dan lebar 8,9 meter. Selain diproduksi Kawasaki Shipbuilding Corporation, sebagian dari Oyashio Class dibuat oleh Mitsubishi Heavy Industries. (Gilang Perdana)

3 Comments