Kalashnikov Kirim Rudal Hanud SHORAD 9M333 dalam Jumlah Besar Pesanan Kementerian Pertahanan

Meski tidak menyebut jumlah, Kalashnikov Concern lewat siaran pers pada 24 Mei 2024, menyatakan telah mengirim sejumlah besar rudal pertahanan udara (hanud) 9M333 ke angkatan bersenjata Rusia, yakni berdasarkan pesanan Kementerian Pertahanan tahun anggaran 2024. Sebagai rudal hanud jarak pendek – Short Range Air Defence (SHORAD), 9M333 dirancang untuk melengkapai sistem hanud Strela-10M3.

Baca juga: Rusia Pamerkan ZAK-23E 8×8 Mobile Air Defense System, ‘Kawin Silang’ BTR-82 dengan Kanon Hanud ZU-23

Strela-10M3 adalah sistem hanud yang digunakan oleh unit artileri pertahanan udara di Angkatan Darat Rusia, dengan peran memberikan perlindungan langsung bagi pasukan dalam berbagai skenario dan manuver pertempuran. Sistem hanud ini juga penting untuk mempertahankan instalasi militer dan proteksi instalasi sipil yang lebih kecil dari ancaman udara yang terbang rendah dan berada dalam jangkauan visual.

Rudal hanud 9M333 punya dimensi panjang sekitar 2,23 meter dan diameter sekitar 0,12 meter, rudal ini memiliki ukuran yang kompak yang membuatnya mudah diintegrasikan ke dalam berbagai platform peluncuran, sehingga meningkatkan fleksibilitas operasionalnya.

Rudal 9M333 ditenagai mesin roket berbahan bakar padat. Sistem propulsi ini menawarkan rasio dorong terhadap berat yang tinggi, memungkinkan rudal untuk berakselerasi dengan cepat dan mempertahankan penerbangan berkelanjutan menuju sasarannya. Komponen utama rudal ini meliputi sistem pemandu, hulu ledak, unit propulsi, dan kendali.

Biasanya, sistem pemandu terdiri dari sensor infrared dan optik, yang memungkinkan rudal melacak dan menyerang targetnya dengan presisi luar biasa.

Dari aspek jangkauan operasional, rudal 9M333 dapat melesat sekitar 5 kilometer. Jangkauan ini memungkinkannya untuk secara efektif melawan berbagai target udara, seperti pesawat terbang, helikopter, dan drone, dalam jarak yang relatif dekat dari titik peluncurannya.

Rudal 9M333 digadang dapat menghajar sasaran berupa pesawat yang terbang rendah, helikopter, drone dan rudal jelajah. Rudal ini mengusung basis rudal hanud 9M37 dengan berat 47 kg (sudah termasuk berat hulu ledak Frag-HE 5 kg). Rudal lansiran Kalashnikov punya jarak tembak efektif 5 kilometer dengan ketinggian luncur maksimum 3,5 kilometer. Bicara soal kecepatan, rudal hanud jarak dekat ini punya kecepatan 550 meter per detik.

9K333 Verba – Generasi Keeempat Rudal MANPADS Terbaru Rusia

Strela-10M3
Strela-10M3 adalah sistem rudal hanud rancangan era Uni Soviet dan sekarang digunakan Rusia sebagaj wahana peluncur rudal 9M333. Strela-10M3 dipasang pada sasis ranpur amfibi roda rantai MT-LB, sehingga memberikan keserbagunaan untuk bermanuver di berbagai medan dan kondisi.

Strela-10M3 yang dipadukan pada ranpur MT-LB, berukuran panjang sekitar 6,45 meter, lebar 2,85 meter, dan tinggi 2,3 meter. Dengan berat sekitar 12,3 ton, sistem hanud ini tetap ringan di kelasnya, sehingga menjamin kemampuan manuver yang tinggi. Sistem hanud self propelled ini beroperasi dengan tiga hingga empat awak, termasuk pengemudi, komandan, dan operator.

Strela-10M3 terdiri dari beberapa komponen penting, yakni sasis ranpur MT-LB, kubah peluncur yang dipersenjatai dengan empat rudal 9M333 yang siap diluncurkan, sistem penglihatan optik, dan sistem pengendalian tembakan. (Gilang Perdana)

Rambah Bisnis Rudal Hanud, Kalashnikov Sukses Uji Tembak Rudal 9M333 Strela-10M

2 Comments