Kaitan Antara Tank Ringan M5A1 Stuart dan Umpatan “Jancok”

Meski masih dalam perdebatan, bukti asal muasal kata “Jancok” terangkat kembali beberapa waktu lalu, lantaran sebuah foto zaman old memperlihatkan sosok kubah tank Belanda yang diberi cat bertuliskan “Jan Cox.”

Baca juga: M3A3 Stuart – Light Tank Legendaris Yang Masih Punya “Gigi”

Dengan asumsi, setiap ada tank datang para pejuang berlari dan berteriak “Jan Cox.. Jan Cox..” dengan tujuan memperingatkan pejuang dan rakyat jika bahaya datang. Dan sekarang kata “Jancok” itu sendiri cenderung menjadi kata yang dianggap kotor, misuh, dan konotasi buruk yang melekat pada kata tersebut. Meski saat ditanya dari mana dan kenapa kata Jancok dianggap misuh, tidak ada jawaban yang punya argumen kuat.

Sementara Jan Cox yang tulisannya terdapat di kubah tank tersebut adalah nama seorang seniman lukis Belanda. Jan Cox yang lahir di Den Haag pada 27 Agustus 1919 dan wafat di Antwerpen, Belgia pada 17 Oktober 1980. Dan dari aspek tank menjadi carrier dari tulisan Jan Cox tersebut, dapat dengan mudah ditebak dari bentuk kubah dan laras kanonnya, identik dengan M3 Stuart, tank ringan besutan General Motors, Amerika Serikat.

M5A1 Stuart Belanda dalam operasi tempur di Surabaya.

Namun bila dibedah lebih detail lagi, M3 Stuart terdiri dari beberapa varian, dan yang dioperasikan Belanda di Indonesia adalah varian M5A1 dan M3A1/M3A3. Dan dari penampakan di foto, nampak Stuart “Jan Cox” adalah mengarah pada varian M5A1. Pada varian ini tampian bagian depan lebih menyerupai tank Sherman, seperti desain pintu palka (hatch) tepat di depan kubah. Berbeda dengan varian M3A1 yang dilengkapi jendela baja di bagian muka.

Baca juga: M4A3 Sherman – Sejarah Tank Pertama Korps Marinir TNI AL

M3A1 Stuart Belanda saat beroperasi di Indonesia.

Dari aspek persenjataan, M5A1 Stuart masih mengandalkan senjata utama berupa kanon kaliber 37 mm, dan satu pucuk senapan mesin coaxial kaliber 7,62 mm. Bila M3A1 Stuart mengadopsi mesin Continental, 7 silinder, 250 tenaga kuda, maka M5A1 mengadopsi mesin Cadillac V8 dan transmisi kembar hydra-matic yang beroperasi melalui transfer case.

M5A1 yang mulai diproduksi tahun 1942 dan dirancang dengan tangki bahan bakar yang lebih kuat. Ada perbedaan lambung dengan M3A1, yaitu plat miring pada bagian depan kemudi. Total untuk varian M5A1 telah diproduksi 8.885 unit. Terkait dengan tank Jan Cox, dari beberapa literasi memang menguatkan keberadaan M3 Stuart dalam operasi militer Belanda di Jawa Timur, khususnya di sekitaran Surabaya. (Gilang Perdana)

8 Comments