Jadi Kunci Sukses Ekspansi Militer, Cina Luncurkan Unit Keempat LHD Type 075 di Shanghai

Bila Cina ingin sukses dalam misi ekspansi militer, maka kemampuan gelar operasi amfibi menjadi kebutuhan yang mutlak untuk dipenuhi. Ambil contoh dalam skenario invasi ke Taiwan, maka dukungan kapal pendarat akan sangat diperlukan dalam jumlah yang memadai. Dan salah satu penunjang operasi amfibi adalah keberadaan armada Landing Helicopter Dock (LHD).

Baca juga: LHD Type 075 – Kapal Induk Helikopter untuk Mimpi Ekspansi Sang Naga

Dan bicara tentang LHD, maka yang menjadi andalan Angkatan Laut Cina adalah Type 075. Belum lama ini ada kabar bahwa unit keempat LHD Type 075 “Jiangxi” telah diluncurkan oleh Galangan Hudong Zhonghua shipyard di Shanghai pada 14 Desember 2023.

Foto-foto yang dibagikan oleh pemerhati kapal lokal di Sina Weibo (platform media sosial Cina) menunjukkan Type 075 masuk dan kemudian keluar dari dermaga kering yang dibanjiri. Galangan kapal sekarang akan melanjutkan pekerjaan instalasi perlengkapan dalam beberapa bulan mendatang.

Galangan Kapal Hudong-Zhonghua sejauh ini telah membangun tiga kapal pertama LHD Type 075 (Yushen Class LHD ). Kapal pertama – Hainan (nomor 31), kapal kedua Guangxi (nomer 32) dan kapal ketiga Anhui (nomer 33).

LHD Type 075 disebut-sebut punya bobot 36.000 – 38.000 ton, dengan kemampuan membawa 30 helikopter berukuran sedang. Komposisi helikopter yang dibawa terdiri dari helikopter serbu WZ-10, helikopter angkut sedang, helikopter anti kapal selam Z-18 dan Z-20.

Panjang kapal serbu amfibi ini mencapai 237 meter dan lebar 43 meter. Sebagai sistem proteksi, Type 075 dilengkapi dua kanon reaksi cepat CIWS H/PJ-11 30 mm dan dua peluncur rudal hanud HHQ-10. Kemudian ada anti torpedo system dan electronic warfare system.

Menyandang peran sebagai landing platform dock, Type 075 dilengkapi dock basah pada bagian buritan, dimana dapat menampung 2 – 4 unit hovercraft atau 726A LCAC air cushion landing craft untuk mendukung operasi pendaratan amfibi. Kapal induk helikopter ini ditenagai enam mesin 16PC2-6B dengan kekuatan 65.000 hp yang mampu membawa kapal induk ini berlayar dengan kecepatan 23 – 24 knots.

Belum diketahui berapa banyak Type 075 yang akan dibangun Cina. Namun dengan kecepatan pembangunan yang ada, kekuatan Angkatan Laut Cina dapat menyaingi armada AL AS di Pasifik dalam lima tahun kedepan.

Kapal Induk Helikopter Cina Type 075 ‘Dipasangi’ Ski-Jump, Realistiskah?

Pada 11 April 2020, kapal pertama Type 075 mengalami kebakaran di Galangan Hudong Zhonghua. Dari foto, penyebab kebakaran kemungkinan berasal dari daya dan sistem mekanis, percikan yang disebabkan oleh pengelasan listrik, api di dapur atau beberapa bahan yang mudah terbakar di dek. (Gilang Perdana)

One Comment