Iran Serang Markas Mossad di Erbil (Irak) dengan Rudal Balistik Fateh-110

Serangan udara Israel di ibu kota Suriah, Damaskus pada 25 Desember 2023 telah menewaskan Komandan Pasukan Pengawal Revolusioner Iran (IRGC), Sayyed Razi Mousavi. Buntut dari serangan yang terkait perang di Gaza, Palestina, maka Iran telah memproklamirkan akan adanya serangan balasan ke Israel. Dan pada Senin malam (15/1/2024), serangan Iran lewat IRGC telah ditunaikan dengan menyasar basis Mossad yang ada di kota Erbil, Irak.

Baca juga: Gunakan Drone Quadcopter, Israel Lancarkan Serangan ke Pabrik Militer Iran

Dalam serangan balasan tersebut, IRGC menembakkan setidaknya enam rudal balistik Fateh 110 ke ibu kota Wilayah Kurdistan, Erbil. IRGC mengklaim bahwa sasaran mereka adalah markas “bayangan” agen intelijen Mossad (Israel) yang beroperasi untuk melakukan teror di Iran. Selain markas Mossad, turut terkena imbas serangan Iran adalah kantor konsulat Amerika Serikat yang mengalami kerusakan akibat shock waves.

Rudal-rudal itu menghantam sasarannya dengan akurat, ditandai ledakan kuat dan guncangan di jantung kota Erbil pada tengah malam. Menurut media lokal, setidaknya lima rudal balistik menghantam dekat jalan Erbil-Pirmam dan Bandara Internasional Erbil.

IRGC menyebt bahwa ada tiga basis Mossad yang menjadi target serangan rudal di Erbil, meskipun Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) dengan tegas menolak kehadiran intelijen Israel di Wilayah Kurdistan. Presiden Wilayah Kurdistan, Nechirvan Barzani menyatakan bahwa wilayah tersebut tidak akan menjadi sumber ancaman terhadap Iran.

Pernyataan ini disampaikan di tengah ancaman IRGC untuk melancarkan serangan terhadap Erbil karena diduga menampung pangkalan rahasia Mossad.

Rudal Fateh-313

Fateh-110
Fateh-110 adalah rudal balistik jarak pendek single stage yang mampu menyerang target pada jarak 250 km. Dari beberapa literasi, Fateh-110 masuk kategori rudal balistik dengan tenaga solid-propelan untuk menyasar target jarak pendek. Fateh-110 dirancang untuk diluncurkan dari platform mobile, yaitu pada truk 6×6.

Dilihat dari desainnya, Fateh-110 dianggap sebagai bentuk lain dari rudal buatan Rusia R-65 FROG, tetapi sumber lain mengatakan Fateh-100 adalah copy-an dari rudal balistik DF-11 buatan Cina.

Setelah Drone Kamikaze, Iran Disebut Bakal Pasok Rudal Balistik Fateh-110 dan Zolfaghar ke Rusia

Oleh militer Iran, rudal Fateh-110 dirancang untuk menggantikan banyak sistem rudal Scud yang sudah tua yang selama ini digunakan oleh angkatan bersenjata Iran. Iran mulai mengembangkan Fateh-110 pada tahun 1997 dan uji terbang pertama Fateh-110 berlangsung pada Mei 2001.

Fateh-110 saat ini sudah dibuat dalam varian Fateh A-110B yang memiiki jangkauan tembak hingga 300 Km dengan akurasi 3 meter CEP (Circular Error Probability). Punya berat 650 kg, Fateh-110 dapat melesat hingga kecepatan Mach 3. Rudal ini mengandalkan pemandu Inertial, global navigation satellite system dan electro-optical terminal. (Bayu Pamungkas)

6 Comments