Inilah Mi-2MSB – Varian Upgrade Full Kombatan dari Helikopter Mil Mi-2

(Foto: M.Zając)

Sudah lama armada helikopter Mil Mi-2 tidak terlihat mengudara, pasalnya di dekade awal 2000-an, helikopter ringan berdesain oldskul ini turut meramaikan arsenal Polri dan Puspenerbal TNI AL, malahan Mi-2 yang dioperasikan Direktorat Kepolisian Udara, sebagian nampak masih terparkir rapih di hanggar Bandara Pondok Cabe, Tangerang, Banten. Rupanya tampang jadoel Mi-2 tak menjadikannya ditinggalkan.

Baca juga: [Video] Lihat dari Dekat Helikopter Mil Mi-2 Plus Direktorat Kepolisian Udara

Di pasaran global, khususnya di Eropa Timur, justru Mi-2 mendapatkan paket upgrade besar-besaran. Dikutip dari defence24.com, sejak tahun 2015 perusahaan asal Ukraina, Motor Sich, telah memperkenalkan apa yang disebut sebagai Mi-2MSB, yaitu varian kombatan dari Mi-2 yang hadir dengan perlengkapan baru, senjata jenis baru dan mesin baru. Dan hebatnya, semua elemen Mi-2MSB telah diproduksi di Ukraina, dimana aslinya Mi-2 dibuat perusahaan asal Polandia, PZL-Swidnik – kini menjadi bagian dari Leonardo Helicopters company (Finmeccanica).

Mi-2MSB mengadopsi mesin baru AI-450M, yang diproduksi oleh perusahaan Motor Sich. Mesin baru ini punya kekuatan 465 hp. Menggantikan mesin lama GTD-350 buatan Rusia yang punya kekuatan 400 hp. Disebutkan mesin baru produksi Ukraina ini lebih hemat 27 persen dan lebih ringan 25 persen dibandingkan mesin lama. Avionik varian anyar Mi-2 ini juga telah ditingkatkan, terutama dalam mengadopsi sistem digital.

(Foto: M.Zając)

varian Mi-2MSB dibekali dengan pilon untuk senjata pada sisi kanan dan kiri. Hardpoint dipersiapkan untuk dipasangkan peluncur roket 8-roket 80 mm B8W8MSB, kemudian ada pod peluncur granat otomatis, yang juga diproduksi Motor Sich. Persenjataan opsional lainnya termasuk pod senapan mesin.

Pod senapan mesin dipasang di dekat badan pesawat, sedangkan amunisi ditempatkan di bagian dalam kabin. Lain dari itu, tidak ada perubahan signifikan yang diperlukan guna instalasi senjata di dalam struktur helikopter.

Senapan mesin 7,62 mm yang dioperasikan manual dapat ditambahkan di bagian jendela. Helikopter ini juga telah dilengkapi dengan flares dispenser di bawah tail-boom, bersama dengan sistem infrared jammer. Elemen proteksi tersebut sangat diperlukan dalam merespon ancaman dari serangan rudal hanud MANPADS berpemandu infrared.

(Foto: M.Zając)

Keseluruhan modernisasi menjadikan kinerja helikopter ini meningkat drastis, dari bobot maksimum saat tinggal landas terdahulu 3,7 ton, maka kini meningkat 4,3 ton dan helikopter mampu terbang sampai ketinggian 7.000 meter. Secara keseluruhan, helikopter dengan dua awak ini dapat membawa delapan personel bersenjata. Langkah upgrade yang dilakukan Motor Sich sudah barang tentu terkoordinasi dengan PZL Świdnik Polandia yang memiliki dokumentasi produksi lengkap.

Baca juga: PZL-Swidnik Mi-2 Plus – Helikopter Serbaguna Polri Bergaya Old School

Mi-2MSB pertama kali diperkenalkan saat Pameran Industri Pertahanan Ukraina, yang diselenggarakan di Kiev pada 2015 silam. Pihak Motor Sich berencana untuk menawarkan Mi-2MSB untuk pasar ekspor, terutama di Asia dan Afrika, di mana sejumlah helikopter Mi-2 masih dioperasikan. (Bayu Pamungkas)

9 Comments