Inilah “Jacam” – Rantis Serbu Pasukan Khusus Belgia dari Platform Truk Unimog 4×4

(Istimewa)

Di Indonesia, sepertinya stok truk Mercedes-Benz Unimog 4×4 lumayan banyak, selain digunakan oleh ketiga matra TNI, truk besutan Jerman ini juga dioperasikan oleh Korps Brimob Polri. Meski populasiya banyak, namun, truk Unimog umumnya hanya digunakan sebagai kendaraan angkut (taktis) untuk personel dan ‘penarik’ bagi meriam arhanud/armed. Tapi lain di Belgia, truk Unimog 4×4 justru disulap sebagai rantis serbu bagi keperluan pasukan khusus.

Baca juga: Ditpalad TNI AD – Sulap Truk Unimog U1300L Jadi Kendaraan Amfibi

Di tangan Carat Defence (Carat Security Group), platform truk ringan Unimog 4×4 standar dimodifikasi sebagai rantis serbu guna mendukung rapid deployment force. Diberi julukan sebagai “Jacam,” truk Unimog didandani laksana jip Defender/Jankel LRPV (Long Range Patrol Vehicle). Area Kabin pengemudi dan dek (bak) di belakang telah dirancang ulang untuk dipasang berbagai dudukan senjata.

Dikutip dari armyrecognition.com, disebut Jacam mengambil sasis standar Unimog 1350. Dengan mencomot platform Unimog, maka pengembang dapat menjamin kehandalan rantis untuk meladeni medan berat, lantaran Unimog sudah terkenal bandel menghadapi medan off-road.

(Istimewa)

Untuk kebutuhan pasukan khusus Belgia, Jacam dipasangi dudukan berupa circular ring mounted untuk senapan mesin berat M2HB kaliber 12,7 mm pada bagia tengah. Kemudian di bagian depan, persisnya di kursi komandan, dipasangi lengan ayun (swing arm) untuk dudukan senapan mesin kaliber 7,62 atau 5,56 mm.

Dua jenis swing arm untuk senapan mesin juga dipasang pada sudut kanan dan kiri bagian belakang kendaraan. Delapan pelontar granat asap dipasang di bagian depan kompartemen mesin, rangkaian empat pelontar granat asap lainnya dipasang di setiap sisi di bagian belakang kendaraan.

Untuk menjadi Jacam, atap kabin Unimog standar dilepas, dan diganti dengan sistem perlindungan model tubular yang kuat dan terintegrasi ke dalam sasis kendaraan. Bagian belakang kompartemen prajurit juga dilengkapi pelindung tubular terintegrasi. Sopir dan komandan memiliki pintu setengah tanpa jendela. Bagian depan kabin dilengkapi dengan dua kaca lipat, dengan jendela anti peluru.

Jacam dilengkapi dengan lampu sorot di bagian depan, dan military vehicle black-out system dengan infrared. Winch listrik dipasang di bagian depan ruang mesin. Roda cadangan dipasang di bagian belakang sasis. Satu tangki bahan bakar dan air tambahan dipasang di dasar kompartemen kru, tepat di belakang kabin pengemudi.

Baca juga: DMV Anaconda 4×4: Rantis Khas Korps Marinir Belanda, Dibangun dari Sasis Van Komersial

Unimog Jacam ditenagai mesin diesel OM352 5.675 liter dengan 6 silinder direct injection water-cooled yang menghasilkan tenaga 130hp pada 2.800 rpm dan torsi 363 Nm pada 1.800 rpm. Truk serbu ini juga bisa dilengkapi dengan suspensi yang ditingkatkan. Rantis pasukan khusus ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 110 km per jam dengan jarak tempuh standar 350 km. (Gilang Perdana)

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *