Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Ini Dia! Truk Amfibi Serba Guna Rancangan Dislitbangal

s84-736169

Di tahun 2004, Citro Subono, perwira Korps Marinir yang saat itu berpangkat Kapten membuat gebrakan dengan meluncurkan prototipe JASGU (Jip Amfibi Serba Guna). JASGU terbilang rantis yang banyak dibicarakan orang, pasalnya rancang bangun dan produksinya memang hanya melibatkan SDM lokal. Dan selang 10 tahun kemudian, Citro Subono yang kini telah berpanglat Letnan Kolonel, menciptakan kembali sosok rantis amfibi serba guna dengan ukuran dan kapasitas lebih besar, atau layak bila disebut sebagai Truk Amfibi Serba Guna (TASGU).

Baca juga: JASGU Korps Marinir – Rantis Amfibi Made in Indonesia

Persisnya Citro Subono selaku peneliti di Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Dislitbangal) merancang rantis amfibi ini dari sasis truk sipil Isuzu Elf NKR 71 4×4. Truk ringan ini disokong dapur pacu mesin diesel 125 PS 5100 cc. Untuk mendukung aktivitas amfibi, rantis ini menggunakan dua buah mesin cummins mercruiser 220 HP, jenis diesel commonrail, dua stem drive propeller. Dibanding JASGU, keistimewaan truk amfibi ini rodanya dapat dilipat keatas seperti pesawat saat di air, sehingga kecepatannya bisa mencapai 12 knot. Sementara jika di darat mampu melaju dengan kecepatan 80 km per jam.

Baca juga: PTS-10 – Kendaraan Angkut Amfibi Terbesar Korps Marinir TNI AL

s88-738765

Baca juga: Truk Amfibi Rancangan Dislitbang TNI AD

s88-738765

Sebagai rantis, truk amfibi ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung operasi pendaratan amfibi dari LPD (Landing Platfrom Dock) ke pantai, atau mendukung operasi di masa damai, rantis ini dapat digunakan dalam misi SAR banjir.

Truk amfibi prototipe Dislitbangal ini punya dimensi dengan panjang 10 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 3,1 meter dan mempunyai bobot 6,7 ton. Dari segi kapasitas, daya muat kendaraan amfibi ini dapat memuat 3 awak dan 16 penumpang serta 500 kg barang (payload). Secara taktis, kegunaan kendaraan amfibi yaitu raid amfibi cepat dengan sasaran yang jauh di darat, mengangkut bekal untuk re-supply pasukan ke garis depan, ambulance amfibi, mobil komunikasi amfibi dan mobil komando.

s83-735347

Baca juga: Ditpalad TNI AD – Sulap Truk Unimog U1300L Jadi Kendaraan Amfibi

s85-733416

Resminya truk amfibi ini merupakan proyek Dislitbangal bekerja sama dengan PT. Fiberboat Indonesia. Baru-baru ini rantis ini telah melaksanakan uji coba di kolam rampa Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Kamis (27/10/2016). (Bayu Pamungkas)

28 Comments