HMNZS Aotearoa – Kapal Tanker Generasi Baru dengan Desain Lambung Penusuk Gelombang

AL Selandia Baru diwartakan baru saja menerima kapal perang terbesarnya, namun jangan keliru, kapal perang terbesar yang dimaksud bukan dari jenis frigat atau destroyer, melainkan sebuah kapal tanker dengan bobot 26 ribu ton. Yang dimaksud adalah HMNZS Aotearoa yang telah tiba di Pelabuhan Auckland pada 26 Juni lalu. Yang menarik, HMNZS Aotearoa adalah kapal pertama di dunia yang mengadopsi desain Rolls-Royce’s Environmental concept, yakni dicirikan dengan bentuk lambung penusuk gelombang (wave-piercing hull) jenis baru yang digadang dapat mengurangi resistensi dan konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Type 903A – Sosok Kapal Tanker AL Cina dalam Bayangan F-16 TNI AU

HMNZS Aotearoa dibangun di Korea Selatan oleh Hyundai Heavy Industries, dimana sebelumnya Hyundai telah memenangkan kompetisi desain dari galangan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) yang menawarkan varian dari tanker Royal Fleet Auxiliary Tide Class yang dirancang oleh BMT.

HMNZS Aotearoa mulai dibangun pada 13 Agustus 2018 dan diluncurkan dar galangan pada 24 April 2019. Dan kini, setelah dilayarkan selama 15 hari dari Korea Selatan, kapal tanker berdesain futuristik ini telah tiba di Selandia Baru.

Sebagai kapal tanker terbesar milik AL Selandia Baru, HMNZS Aotearoa dapat membawa 8.000 ton solar, 1.500 ton avtur dan 12 unit kontainer ukuran 20 kaki. Dalam operasinya, kapal tanker ini dapat melayani pengisian bahan bakar di lautan dengan dual all-electric replenishment at sea rigs.

Meski menyandang gelar kapal tanker, namun HMNZS Aotearoa sudah dibekali perangkat sonar jenis Farsounder-1000. Perlengkapan elektronik lainnya ada Kelvin Hughes Integrated Naval Bridge System, sensor dan radar navigasi dari SharpEye S X-Band dan SharpEye sensor untuk optimalisasi kendali helikopter. Punya panjang 173,2 meter dan lebar 24,5 meter, kapal tanker ini dilengkapi deck helipad untuk bisa didarati helikopter ukuran medium sekelas NH-90 atau SH-2G. Pun tersedia fasilas hanggar untuk menyimpan helikopter tersebut.

HMNZS Aotearoa mengusung propulsi dengan teknologi Combined Diesel Electric and Diesel propulsion, yaitu terdiri dari CODLAD 2 x Bergen main engines dan 4 x MTU generators. Kecepatan maksimum kapal ini mencapai 16 knots dan dapat menjelajah hingga 11.900 km. Fasilitas lain yang ada di kapal tanker ini adalah generator penyulingan air tawar yang punya kapasitas 100 ton per hari.

Baca juga: Kapal Tanker KRI Bontang 907 Resmi Masuk Kedinasan Satban Koarmada I

Sebagai kapal perang, HMNZS Aotearoa dibekali sistem proteksi berupa satu pucuk kanon reaksi cepat Phalanx CIWS kaliber 20 mm dan dua pucuk Mini Typhoon kaliber 12,7 mm. Konfigurasi kapal tanker ini diawaki oleh 64 personel inti, 11 personel penerbangam dan 11 prajurit latih. (Gilang Perdana)

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *